Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah berkaitan dengan hasil belajar
peserta didik dalam tema 7 peristiwa dalam kehidupan. Ditemukan pada obervasi awal,
bahwa hasil belajar peserta didik masih dibawah KKM ≥ 79 sebanyak 37 peserta didik.
Berkaitan dengan masalah ini peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Penerapan
media videoscribe berbasis e-learning, 2) Hasil belajar sebelum dan setelah menerapkan
media videoscribe, dan 3) Pengaruh penerapan media videoscribe berbasis e-learning
terhadap hasil belajar tematik tema 7 (peristiwa dalam kehidupan) pada peserta didik
kelas V MIN 3 Pontianak.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian
quasi eksperimen design dengan desain penelitian the non equivalent control group
design. Lokasi penelitian bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pontianak.
Penelitian ini dilakukan di kelas V pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021.
Variabel pada penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu variabel bebas adalah penerapan
media videoscribe dan variabel terikat adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah teknik observasi, teknik pengukuran, dan studi dokumen. Alat
pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes hasil belajar, dan
perangkat elektronik (Electronical Device). Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis instrumen, analisis deskriptif, dan analisis bivariat.
Penelitian ini disimpulkan: 1) Penerapan media videoscribe berbasis e-learning
terhadap hasil belajar tematik tema 7 (peristiwa dalam kehidupan) pada peserta didik
kelas V MIN 3 Pontianak telah sesuai langkah-langkah penerapan. 2) Hasil belajar
sebelum menerapkan media videoscribe diperoleh persentase sebesar (9%) dari 4 peserta
didik yang memenuhi KKM ≥ 79 dengan rata-rata hasil belajar 62,40. Selanjutnya, hasil
belajar setelah menerapkan media videoscribe diperoleh persentase sebesar (95%) dari 41
peserta didik yang memenuhi KKM ≥ 79 dengan rata-rata hasil belajar 86,21. 3)
Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil nilai Approx. Sig = 0,000 dengan taraf
signifikansi (
. Apabila nilai Approx. Sig <
= (0,05), maka H 0 ditolak.
Sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan
media videoscribe berbasis e-learning terhadap hasil belajar tematik tema 7 (peristiwa
dalam kehidupan) pada peserta didik kelas V MIN 3 Pontianak Tahun Pelajaran
2020/2021. Dan besar pengaruh penerapan media videoscribe berbasis e-learning
terhadap hasil belajar tematik tema 7 (peristiwa dalam kehidupan) pada peserta didik
kelas V MIN 3 Pontianak diperoleh sebesar 43% berkategori cukup setelah menerapkan
media videoscribe berbasis e-learning dalam proses pembelajaran.