PENGARUH PENERAPAN MEDIA VIDEOSCRIBE BERBASIS E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA 7 (PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN) PADA PESERTA DIDIK KELAS V MIN 3 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Lastasa Buju Basaf pipana, Maha
dc.contributor.author AKBAR VELAYATI, MEI
dc.date.accessioned 2022-11-27T11:48:51Z
dc.date.available 2022-11-27T11:48:51Z
dc.date.issued 2021-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1840
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah berkaitan dengan hasil belajar peserta didik dalam tema 7 peristiwa dalam kehidupan. Ditemukan pada obervasi awal, bahwa hasil belajar peserta didik masih dibawah KKM ≥ 79 sebanyak 37 peserta didik. Berkaitan dengan masalah ini peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Penerapan media videoscribe berbasis e-learning, 2) Hasil belajar sebelum dan setelah menerapkan media videoscribe, dan 3) Pengaruh penerapan media videoscribe berbasis e-learning terhadap hasil belajar tematik tema 7 (peristiwa dalam kehidupan) pada peserta didik kelas V MIN 3 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian quasi eksperimen design dengan desain penelitian the non equivalent control group design. Lokasi penelitian bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pontianak. Penelitian ini dilakukan di kelas V pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Variabel pada penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu variabel bebas adalah penerapan media videoscribe dan variabel terikat adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik pengukuran, dan studi dokumen. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes hasil belajar, dan perangkat elektronik (Electronical Device). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis instrumen, analisis deskriptif, dan analisis bivariat. Penelitian ini disimpulkan: 1) Penerapan media videoscribe berbasis e-learning terhadap hasil belajar tematik tema 7 (peristiwa dalam kehidupan) pada peserta didik kelas V MIN 3 Pontianak telah sesuai langkah-langkah penerapan. 2) Hasil belajar sebelum menerapkan media videoscribe diperoleh persentase sebesar (9%) dari 4 peserta didik yang memenuhi KKM ≥ 79 dengan rata-rata hasil belajar 62,40. Selanjutnya, hasil belajar setelah menerapkan media videoscribe diperoleh persentase sebesar (95%) dari 41 peserta didik yang memenuhi KKM ≥ 79 dengan rata-rata hasil belajar 86,21. 3) Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil nilai Approx. Sig = 0,000 dengan taraf signifikansi ( . Apabila nilai Approx. Sig < = (0,05), maka H 0 ditolak. Sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan media videoscribe berbasis e-learning terhadap hasil belajar tematik tema 7 (peristiwa dalam kehidupan) pada peserta didik kelas V MIN 3 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021. Dan besar pengaruh penerapan media videoscribe berbasis e-learning terhadap hasil belajar tematik tema 7 (peristiwa dalam kehidupan) pada peserta didik kelas V MIN 3 Pontianak diperoleh sebesar 43% berkategori cukup setelah menerapkan media videoscribe berbasis e-learning dalam proses pembelajaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Penerapan Media Videoscribe en_US
dc.subject E-learning en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MEDIA VIDEOSCRIBE BERBASIS E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA 7 (PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN) PADA PESERTA DIDIK KELAS V MIN 3 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account