Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar peserta didik
kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum menggunakan ragam aplikasi
whatsapp materi keragaman ekonomi di Indonesia; 2) Hasil belajar peserta didik
akhir kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah menggunakan ragam aplikasi
whatsapp materi keragaman ekonomi di Indonesia; 3) Seberapa besar perbedaan
yang signifikan sebelum dan sesudah penggunaan ragam aplikasi whatsapp
terhadap hasil belajar materi keragaman ekonomi di Indonesia; (4) Pengaruh
penggunaan ragam aplikasi whatsapp materi keragaman ekonomi di Indonesia
berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dan metode yang digunaka n
adalah Quasi Experimental Design yang terdiri dari dua variabel ragam aplikasi
whatsapp sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat
rancangan penelitian nonequivalent pretest posttest group design. Populasi pada
penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MIN 1 Saigon Pontianak tahun pelajaran
2021/2022. Teknik analisis data menggunakan teknik tes dan dokumentasi
sedangkan pengolahan data menggunakan SPSS versi 16.
Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji
normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukka n
bahwa hasil belajar peserta didik menggunakan ragam aplikasi whatsapp kelas IV
MIN 1 Saigon Pontianak Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan nilai pretest kelas
kontrol 46,57 dengan kategori cukup baik sedangkan nilai rata-rata kelas
eksperimen pretest kelas eksperimen sebesar 51,00 dan nilai rata-rata posttest kelas
kontrol sebesar 78,86 dengan kategori baik dan nilai rata-rata kelas eksperimen
posttest kelas eksperimen sebesar 85,57 dengan kategori sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaa n
ragam aplikasi whatsapp terhadap hasil belajar materi keragaman ekonomi di
Indonesia kelas IV MIN 1 Saigon Pontianak Tahun Pelajaran 2021/2022. Terdapat
pengaruh dengan menunjukkan nilai t hitung 4,262 dengan nilai signfika ns i
0,000<0,05 maka (Ha) diterima.
Saran untuk guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang kreativ
sehingga tercipta suasana belajar yang menyenangkan dan meningkatkan motivas i
peserta didik dalam belajar dan untuk penelitian selanjutnya peneliti diharapkan
membahas permasalahan lain yang berkaitan yang dapat mempengaruhi hasil
belajar peserta didik.