PENGARUH PENGGUNAAN RAGAM APLIKASI WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KERAGAMAN EKONOMI DI INDONESIA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 SAIGON PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Asmiati, Syarifah
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author ZUMARA, JANATI
dc.date.accessioned 2022-11-27T05:11:31Z
dc.date.available 2022-11-27T05:11:31Z
dc.date.issued 2022-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1835
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum menggunakan ragam aplikasi whatsapp materi keragaman ekonomi di Indonesia; 2) Hasil belajar peserta didik akhir kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah menggunakan ragam aplikasi whatsapp materi keragaman ekonomi di Indonesia; 3) Seberapa besar perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah penggunaan ragam aplikasi whatsapp terhadap hasil belajar materi keragaman ekonomi di Indonesia; (4) Pengaruh penggunaan ragam aplikasi whatsapp materi keragaman ekonomi di Indonesia berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dan metode yang digunaka n adalah Quasi Experimental Design yang terdiri dari dua variabel ragam aplikasi whatsapp sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat rancangan penelitian nonequivalent pretest posttest group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MIN 1 Saigon Pontianak tahun pelajaran 2021/2022. Teknik analisis data menggunakan teknik tes dan dokumentasi sedangkan pengolahan data menggunakan SPSS versi 16. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukka n bahwa hasil belajar peserta didik menggunakan ragam aplikasi whatsapp kelas IV MIN 1 Saigon Pontianak Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan nilai pretest kelas kontrol 46,57 dengan kategori cukup baik sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen pretest kelas eksperimen sebesar 51,00 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 78,86 dengan kategori baik dan nilai rata-rata kelas eksperimen posttest kelas eksperimen sebesar 85,57 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaa n ragam aplikasi whatsapp terhadap hasil belajar materi keragaman ekonomi di Indonesia kelas IV MIN 1 Saigon Pontianak Tahun Pelajaran 2021/2022. Terdapat pengaruh dengan menunjukkan nilai t hitung 4,262 dengan nilai signfika ns i 0,000<0,05 maka (Ha) diterima. Saran untuk guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang kreativ sehingga tercipta suasana belajar yang menyenangkan dan meningkatkan motivas i peserta didik dalam belajar dan untuk penelitian selanjutnya peneliti diharapkan membahas permasalahan lain yang berkaitan yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Ragam Aplikasi Whatsapp en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN RAGAM APLIKASI WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KERAGAMAN EKONOMI DI INDONESIA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 SAIGON PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account