Abstract:
Pembelajaran IPA merupakan ilmu yang mempelajari peristiwa yang terjadi
di alam melalui observasi, eksperimen, dan penyimpulan. Namun dengan kondisi
pembelajaran daring pada masa pandemi Covid 19 ini menyebabkan kegiatan
belajar mengajar tidak efektif. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui minat belajar peserta didik dan faktor yang mempengaruhi minat
belajar peserta didik kelas V SD Muhammadiyah 1 Pontianak terhadap
pembelajaran IPA pada masa pandemi Covid 19.
Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method, yaitu gabungan
antara pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik yang digunakan untuk
pengumpulan data adalah observasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis yang
digunakan adalah dengan pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data,
serta pengecekan keabsahan data dengan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar peserta didik dapat
ditinjau dari beberapa indikator, yaitu: perasaan senang, ketertarikan peserta didik,
perhatian peserta didik, dan keterlibatan peserta didik. Berdasarkan hasil pada
tiap indikator, minat belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah
1 Pontianak terhadap pembelajaran IPA pada masa pandemi Covid 19
dikategorikan” cukup tinggi” dengan persentase sebesar 59% yang berada pada
rentang 41%-60%. Namun masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki agar
semakin baik secara keseluruhan. Faktor yang mempengaruhi minat belajar
peserta didik terdapat dua faktor, yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat.
Faktor pendukung yaitu: faktor internal peserta didik, media pembelajaran yang
diterapkan guru serta peran dari guru dan orang tua yang selalu mendukung dan
memotivasi. Sedangkan faktor penghambat yakni: terdapat kendala saat proses
pembelajaran secara daring seperti sinyal, jaringan, dan kuota internet, selain itu
terdapat pula gangguan yang ditimbulkan dari aplikasi pembelajaran yang
digunakan serta kurangnya fasilitas belajar.