Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep pemahaman guru
mengenai materi pembelajaran tematik yang diterapkan di Sekolah Dasar
Negeri 15 Segedong.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian
deskriptif, yang bertujuan untuk menjawab foku penelitian “pemahaman guru
mengenai materi pembelajaran tematik”. Adapun objek dalam penelitian ini
adalah guru pembelajaran tematik kelas I-VI di SDN 15 segedong. Teknik
pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dukementasi. Alat
pengumpulan data yang digunakan berupa tehnik obervasi, tehnik wawancara
dan dukementasi. Tehnik analisis data meliputi pengumpulan data, reduki
data, display data dan varifikasi atau penarik kesimpulan. Pengecekan
keabsahan data menggunakan triangulasi, member check, dan ketenkunan
pengamatan.
Berdasarkan data yang diperoleh dan pembahasan yang telah
dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan: (1)
sebagian besar guru SDN 15 Segedong sudah memahami pembelajaran
tematik baik secara praktis maupun teoritis. (2) pembelajaran tematik yang
diterapkan di Sekolah Dasar Negeri 15 Segedong sudah ada peningkatan
pemahaman dari pada pembelajaran sebelumnya baik dalam perencanaan,
pelaksanaan, dan evaluasi pembelajarannya. Hal ini dapat dilakukan guru
dengan meningkatkan kompetensi diri melalui berbagai studi pengetahuan,
pelatihan dan ssumber-sumber lain seperti media internet yang mendukung
guru dalam proses pengembangan potensi dirinya terhadap pembelajaran
khususnya pada pembelajaran tematik.