Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kendala guru dalam
pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Dengan menyebarnya wabah virus corona
yang dimulai sejak akhir Tahun 2019 atau yang dikenal dengan Covid-19 yang
melanda dunia saat ini termasuk Indonesia. Pada masa pandemi Covid-19 peserta
didik tetap wajib mengikuti pembelajaran melalui daring (dalam jaringan) untuk
seluruh tingkatan mulai dari SD sampai perguruan tinggi. Tujuan dari penelitian ini
umumnya adalah untuk mendapatkan data dan menganalisis kendala guru kelas
dalam pembelajaran daring materi berhitung di kelas 2 SD Swasta Nasional Fajar
Harapan Tahun Pelajaran 2020/2021.
Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian
kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang ditujukan untuk mendeskrpsikan data
yang telah dikumpulkan berupa kata-kata. Sumber data dalam penelitin ini
sebanyak 2 orang yaitu guru kelas 2A dan 2B. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, dan studi dokumentasi.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah analisis Miles
dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data, temuan penelitian dan pembahasannya dapat
disimpulkan bahwa terdapat kendala dalam proses pembelajaran daring yaitu: (1)
kendala internal guru dalam menyampaikan pembelajaran contohnya pada metode
pembelajaran yang kurang efektif pada materi berhitung, media pembelajaran yang
tidak memadai, pengelolaan interaksi belajar-mengajar yang tidak maksimal, dan
pengelolaan bahan ajar pada materi berhitung yang sangat singkat. (2) kendala
eksternal guru dalam pembelajaran daring yaitu yang berasal dari luar guru,
contohnya faktor kesehatan pada siswa, faktor psikologi pada siswa yang
menjadikan siswa cepat bosan dalam pembelajaran daring terutama materi
berhitung, dan faktor keluarga yang kurang mendukung belajar siswa dirumah.
Selain itu, jaringan internet yang tidak stabil dan terbatasnya kuota juga termasuk
kendala guru dalam pembelajaran daring.