KENDALA GURU KELAS DALAM PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) MATERI BERHITUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS 2 SD SWASTA NASIONAL FAJAR HARAPAN PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rustam
dc.contributor.advisor Zulkarnain
dc.contributor.author RAHMANIA, DIAH
dc.date.accessioned 2022-11-27T03:46:00Z
dc.date.available 2022-11-27T03:46:00Z
dc.date.issued 2021-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1831
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kendala guru dalam pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Dengan menyebarnya wabah virus corona yang dimulai sejak akhir Tahun 2019 atau yang dikenal dengan Covid-19 yang melanda dunia saat ini termasuk Indonesia. Pada masa pandemi Covid-19 peserta didik tetap wajib mengikuti pembelajaran melalui daring (dalam jaringan) untuk seluruh tingkatan mulai dari SD sampai perguruan tinggi. Tujuan dari penelitian ini umumnya adalah untuk mendapatkan data dan menganalisis kendala guru kelas dalam pembelajaran daring materi berhitung di kelas 2 SD Swasta Nasional Fajar Harapan Tahun Pelajaran 2020/2021. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang ditujukan untuk mendeskrpsikan data yang telah dikumpulkan berupa kata-kata. Sumber data dalam penelitin ini sebanyak 2 orang yaitu guru kelas 2A dan 2B. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah analisis Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, temuan penelitian dan pembahasannya dapat disimpulkan bahwa terdapat kendala dalam proses pembelajaran daring yaitu: (1) kendala internal guru dalam menyampaikan pembelajaran contohnya pada metode pembelajaran yang kurang efektif pada materi berhitung, media pembelajaran yang tidak memadai, pengelolaan interaksi belajar-mengajar yang tidak maksimal, dan pengelolaan bahan ajar pada materi berhitung yang sangat singkat. (2) kendala eksternal guru dalam pembelajaran daring yaitu yang berasal dari luar guru, contohnya faktor kesehatan pada siswa, faktor psikologi pada siswa yang menjadikan siswa cepat bosan dalam pembelajaran daring terutama materi berhitung, dan faktor keluarga yang kurang mendukung belajar siswa dirumah. Selain itu, jaringan internet yang tidak stabil dan terbatasnya kuota juga termasuk kendala guru dalam pembelajaran daring. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kendala Guru Kelas en_US
dc.subject Pembelajaran Daring en_US
dc.subject Materi Berhitung en_US
dc.title KENDALA GURU KELAS DALAM PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) MATERI BERHITUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS 2 SD SWASTA NASIONAL FAJAR HARAPAN PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account