Abstract:
Penelitian ini disusun berdasarkan belum lancarnya sebagian peserta didik
kelas I dalam membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDIT Al-Baariq
dan belum maksimalnya guru dalam menggunakan strategi pembelajaran
sehingga kemampuan membaca peserta didik masih rendah. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik
kelas I dengan menggunakan strategi card sort pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia di SDIT Al-Baariq Sungai Ambawang Tahun Ajaran 2020/2021.
Berdasarkan hasil penelitian terdahulu peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta
didik kelas I SDIT Al-Baariq Sungai Ambawang yang berjumlah 15 orang. data
penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes, lembar obeservasi dan lembar
wawancara. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik
deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan
membaca permulaan peserta didik pada tahap pra tindakan adalah 58,75 termasuk
kriteria kurang dengan persentase ketuntasan sebesar 33,33% atau sebanyak 5
orang. Setelah diberikan tindakan yaitu strategi card sort, nilai rata-rata
kemampuan membaca permulaan peserta didik pada tahap siklus I mengalami
peningkat menjadi 71,67 termasuk kriteria baik dengan persentase ketuntasan
sebesar 46,67% atau sebanyak 7 orang. Pada tahap siklus II nilai rata-rata
kemampuan membaca permulaan peserta didik meningkat secara signifikan
menjadi 80,8 termasuk kriteria sangat baik dengan persentase ketuntasan sebesar
73.33% atau sebanyak 11 orang. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat
peningkatan yang signifikan pada kemampuan membaca permulaan peserta
didiksetelah menggunakan strategi card sort pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia kelas I SDIT Al-Baariq tahun ajaran 2020-2021.