MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CARD SORT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I SDIT AL-BAARIQ SUNGAI AMBAWANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syahrani
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.author SAFITRI, ERA
dc.date.accessioned 2022-11-27T03:34:50Z
dc.date.available 2022-11-27T03:34:50Z
dc.date.issued 2021-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1829
dc.description.abstract Penelitian ini disusun berdasarkan belum lancarnya sebagian peserta didik kelas I dalam membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDIT Al-Baariq dan belum maksimalnya guru dalam menggunakan strategi pembelajaran sehingga kemampuan membaca peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I dengan menggunakan strategi card sort pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDIT Al-Baariq Sungai Ambawang Tahun Ajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I SDIT Al-Baariq Sungai Ambawang yang berjumlah 15 orang. data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes, lembar obeservasi dan lembar wawancara. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan membaca permulaan peserta didik pada tahap pra tindakan adalah 58,75 termasuk kriteria kurang dengan persentase ketuntasan sebesar 33,33% atau sebanyak 5 orang. Setelah diberikan tindakan yaitu strategi card sort, nilai rata-rata kemampuan membaca permulaan peserta didik pada tahap siklus I mengalami peningkat menjadi 71,67 termasuk kriteria baik dengan persentase ketuntasan sebesar 46,67% atau sebanyak 7 orang. Pada tahap siklus II nilai rata-rata kemampuan membaca permulaan peserta didik meningkat secara signifikan menjadi 80,8 termasuk kriteria sangat baik dengan persentase ketuntasan sebesar 73.33% atau sebanyak 11 orang. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan membaca permulaan peserta didiksetelah menggunakan strategi card sort pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I SDIT Al-Baariq tahun ajaran 2020-2021. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kemampuan Membaca Permulaan en_US
dc.subject Strategi Card Sort en_US
dc.title MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CARD SORT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I SDIT AL-BAARIQ SUNGAI AMBAWANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account