Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui; 1) Hasil belajar peserta didik
dengan menggunakan media audio visual animasi materi peristiwa kebangsaan
masa penjajahan; 2) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media audio visual
animasi terhadap hasil belajar materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan; 3)
Seberapa besar pengaruh penggunaan media audio visual animasi terhadap hasil
belajar peserta didik materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan
adalah Quast Experimental Design yang terdiri dari media audio visual animasi
sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat dengan rancangan
penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah
siswa kelas V MIS Al-Raudhatul Islamiyah Kubu Raya tahun pelajaran
2021/2022. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda dan pengolahan
data penggunakan aplikasi SPSS 2016.
Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji
normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan
bahwa. Hasil belajar pada peserta didik menggunakan media audio visual animasi
kelas V MIS Al-Raudhatul Islamiyah Kubu Raya Tahun Pelajaran 2021/2022
dengan nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 70,46 dengan kategori baik,
sedangkan nilai rata-rata pos-test kelas eksperimen sebesar 81,67 dengan kategori
sangat baik dan memiliki pengaruh besar berdasarkan perhitungan Effect Size
yaitu 0,8 dengan persentase 79%.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat di simpulkan bahwa pengaruh
penggunaan media audio visual animasi terhadap hasil belajar materi peristiwa
kebangsaan masa penjajahan kelas V MIS Al-Raudhatul Islamiyah Kubu Raya
tahun pelajaran 2021/2022. Terdapat pengaruh dengan menunjukan nilai t hitung
3,205 > t tabel 2,021 dengan nilai Signifikansi, 0,003< 0,05 maka (Ha) diterima.
Saran dalam mengembangkan media audio visual animasi guru sebisa mungkin
mengembangkan kreativitas dan motivasinya guna menciptakan suasana belajar
yang menyenagkan dan menarik ketertarikan peserta didik dalam belajar dan
untuk penelitian selanjutnya peneliti diharapkan membahas faktor-faktor lain yang
mungkin mempengaruhi hasil belajar pada peserta didik.