ENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN KELAS V MIS AL-RAUDHATUL ISLAMIYAH KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini
dc.contributor.advisor Fathurrosi
dc.contributor.author NILA ASHARI, SITI
dc.date.accessioned 2022-11-27T03:29:15Z
dc.date.available 2022-11-27T03:29:15Z
dc.date.issued 2022-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1828
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui; 1) Hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media audio visual animasi materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan; 2) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media audio visual animasi terhadap hasil belajar materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan; 3) Seberapa besar pengaruh penggunaan media audio visual animasi terhadap hasil belajar peserta didik materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah Quast Experimental Design yang terdiri dari media audio visual animasi sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat dengan rancangan penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V MIS Al-Raudhatul Islamiyah Kubu Raya tahun pelajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda dan pengolahan data penggunakan aplikasi SPSS 2016. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa. Hasil belajar pada peserta didik menggunakan media audio visual animasi kelas V MIS Al-Raudhatul Islamiyah Kubu Raya Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 70,46 dengan kategori baik, sedangkan nilai rata-rata pos-test kelas eksperimen sebesar 81,67 dengan kategori sangat baik dan memiliki pengaruh besar berdasarkan perhitungan Effect Size yaitu 0,8 dengan persentase 79%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat di simpulkan bahwa pengaruh penggunaan media audio visual animasi terhadap hasil belajar materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan kelas V MIS Al-Raudhatul Islamiyah Kubu Raya tahun pelajaran 2021/2022. Terdapat pengaruh dengan menunjukan nilai t hitung 3,205 > t tabel 2,021 dengan nilai Signifikansi, 0,003< 0,05 maka (Ha) diterima. Saran dalam mengembangkan media audio visual animasi guru sebisa mungkin mengembangkan kreativitas dan motivasinya guna menciptakan suasana belajar yang menyenagkan dan menarik ketertarikan peserta didik dalam belajar dan untuk penelitian selanjutnya peneliti diharapkan membahas faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi hasil belajar pada peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Media Audio Visual Animasi en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title ENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN KELAS V MIS AL-RAUDHATUL ISLAMIYAH KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account