Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan menulis cerita peserta didik
kelas III SDI Al-Aziz masih rendah. Kurangnya kemampuan menulis cerita peserta
didik dikarenakan strategi dan media yang guru terapkan kurang tepat, sehingga
peserta didik sulit dalam mengembangkan ide untuk membuat sebuah cerita.
Akibatnya masih banyak cerita yang peserta didik buat belum terstruktur
diantaranya isi karangan belum sesuai dengan judul, penggunaan tanda baca yang
belum sesuai serta tulisan cerita yang masih belum rapi. Sedangkan peserta didik
harus mampu menulis cerita untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sudah
tercantum dalam kompetensi dasar (KD) yaitu KD 4.4 menyajikan laporan tentang
konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan
perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis
menggunakan kosa kata baku dalam kalimat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain yang digunakan
yaitu strategi Kemmis dan MC Taggart yang terdiri dari beberapa tahap, yakni:
tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuntitatif dengan menggunakan
teknik analisis data yaitu berupa hasil observasi, tes, catatan lapangan, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus mean dan persentase
ketuntasan.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Hasil menulis karangan
sebelum menerapkan strategi concept sentence memeroleh nilai rata-rata 68,34,
yakni belum mencapai KKM 75.00. jumlah peserta didik kelas 3 yang terdiri dari
26 peserta didik hanya 6 orang diantaranya yang memeroleh nilai tuntas (26,92%).
2) Hasil menulis karangan setelah menggunakan strategi concept sentence, pada
siklus I nilai rata-rata peserta didik menjadi 78,18 kemudian pada siklus II
meningkat menjadi 85,38. Peserta didik sudah tuntas pada siklus I dengan
persentase 65,38% dengan kategori cukup, kemudian persentase ketuntasan pada
siklus II menjadi 90,30% dengan kategori sangat baik. 3) terdapat peningkatan
keterampilan menulis karangan setelah menerapkan strategi concept sentence, rata-
rata peserta didik prasiklus 68,34, menjadi 78,18 pada siklus I, kemudian meningkat
pada siklus II menjadi 85,38.