PENGGUNAAN STRATEGI CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SEKOLAH DASAR ISLAM AL-AZIZ SUNGAI AMBAWANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahmatullah, Muhammad
dc.contributor.advisor Djarot, Muchammad
dc.contributor.author FATMAWATI
dc.date.accessioned 2022-11-25T13:48:46Z
dc.date.available 2022-11-25T13:48:46Z
dc.date.issued 2021-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1824
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan menulis cerita peserta didik kelas III SDI Al-Aziz masih rendah. Kurangnya kemampuan menulis cerita peserta didik dikarenakan strategi dan media yang guru terapkan kurang tepat, sehingga peserta didik sulit dalam mengembangkan ide untuk membuat sebuah cerita. Akibatnya masih banyak cerita yang peserta didik buat belum terstruktur diantaranya isi karangan belum sesuai dengan judul, penggunaan tanda baca yang belum sesuai serta tulisan cerita yang masih belum rapi. Sedangkan peserta didik harus mampu menulis cerita untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sudah tercantum dalam kompetensi dasar (KD) yaitu KD 4.4 menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosa kata baku dalam kalimat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain yang digunakan yaitu strategi Kemmis dan MC Taggart yang terdiri dari beberapa tahap, yakni: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuntitatif dengan menggunakan teknik analisis data yaitu berupa hasil observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus mean dan persentase ketuntasan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Hasil menulis karangan sebelum menerapkan strategi concept sentence memeroleh nilai rata-rata 68,34, yakni belum mencapai KKM 75.00. jumlah peserta didik kelas 3 yang terdiri dari 26 peserta didik hanya 6 orang diantaranya yang memeroleh nilai tuntas (26,92%). 2) Hasil menulis karangan setelah menggunakan strategi concept sentence, pada siklus I nilai rata-rata peserta didik menjadi 78,18 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 85,38. Peserta didik sudah tuntas pada siklus I dengan persentase 65,38% dengan kategori cukup, kemudian persentase ketuntasan pada siklus II menjadi 90,30% dengan kategori sangat baik. 3) terdapat peningkatan keterampilan menulis karangan setelah menerapkan strategi concept sentence, rata- rata peserta didik prasiklus 68,34, menjadi 78,18 pada siklus I, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 85,38. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject keretampilan menulis karangan en_US
dc.subject strategi concept sentence en_US
dc.title PENGGUNAAN STRATEGI CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SEKOLAH DASAR ISLAM AL-AZIZ SUNGAI AMBAWANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account