Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar siswa sebelum
menggunakan strategi SQ3R pada pembelajaran tematik tema Pahlawanku di
Kelas IV MIS Al-Multazam Wajok Hilir. 2) Hasil belajar siswa setelah
menggunakan strategi SQ3R pada pembelajaran tematik tema Pahlawanku di
Kelas IV MIS Al-Multazam Wajok Hilir. 3) Signifikan peningkatan hasil belajar
siswa dengan menggunakan strategi SQ3R pada pembelajaran tematik tema
Pahlawanku di Kelas IV MIS Al-Multazam Wajok Hilir.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian ini
bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Multazam Wajok Hilir dengan
sumber datanya adalah siswa kelas IVA. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah teknik nontes dan teknik tes. Alat pengumpul data lembar
observasi dan tes tertulis. Analisis data menggunakan analisis instrumen, analisis
deskriptif dan analisis pengaruh.
Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilaksanakan
diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Hasil belajar siswa sebelum
menggunakan strategi pembelajaran SQ3R memperoleh nilai rata-rata 65,2
dengan jumlah siswa yang diteliti sebanyak 23 orang. Siswa yang memperoleh
nilai tuntas sebanyak 11 orang dengan persentase 48% dan siswa yang
memperoleh nilai tidak tuntas sebanyak 12 orang dengan persentase 52% dan hal
tersebut tentu menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh siswa masih dibawah
KKM. 2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran SQ3R,
pada tindakan siklus I dengan jumlah siswa 23 orang memperoleh nilai rata-rata
sebanyak 73,4 Kemudian, pada tindakan siklus II nilai rata-rata siswa meningkat
menjadi 95,9 Siswa yang memperoleh nilai tuntas pada siklus I sebanyak 16 orang
dengan persentase 70% termasuk dalam kategori baik, sedangkan pada tindakan
siklus II siswa yang memperoleh nilai tuntas sebanyak 22 orang dengan
persentase 96% termasuk dalam kategori baik sekali. 3) Terdapat peningkatan
secara signifikan terhadap hasil belajar siswa setelah menggunakan strategi
pembelajaran SQ3R pada pembelajaran tematik tema Pahlawanku di kelas IVA
MIS Al-Multazam Wajok Hilir.