MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA PAHLAWANKU DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW (SQ3R) DI KELAS IV MIS AL-MULTAZAM WAJOK HILIR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Asmiati, Syarifah
dc.contributor.author FEBRIANA, SHERLY
dc.date.accessioned 2022-11-25T13:40:05Z
dc.date.available 2022-11-25T13:40:05Z
dc.date.issued 2022-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1823
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan strategi SQ3R pada pembelajaran tematik tema Pahlawanku di Kelas IV MIS Al-Multazam Wajok Hilir. 2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan strategi SQ3R pada pembelajaran tematik tema Pahlawanku di Kelas IV MIS Al-Multazam Wajok Hilir. 3) Signifikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi SQ3R pada pembelajaran tematik tema Pahlawanku di Kelas IV MIS Al-Multazam Wajok Hilir. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian ini bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Multazam Wajok Hilir dengan sumber datanya adalah siswa kelas IVA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik nontes dan teknik tes. Alat pengumpul data lembar observasi dan tes tertulis. Analisis data menggunakan analisis instrumen, analisis deskriptif dan analisis pengaruh. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilaksanakan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan strategi pembelajaran SQ3R memperoleh nilai rata-rata 65,2 dengan jumlah siswa yang diteliti sebanyak 23 orang. Siswa yang memperoleh nilai tuntas sebanyak 11 orang dengan persentase 48% dan siswa yang memperoleh nilai tidak tuntas sebanyak 12 orang dengan persentase 52% dan hal tersebut tentu menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh siswa masih dibawah KKM. 2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran SQ3R, pada tindakan siklus I dengan jumlah siswa 23 orang memperoleh nilai rata-rata sebanyak 73,4 Kemudian, pada tindakan siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 95,9 Siswa yang memperoleh nilai tuntas pada siklus I sebanyak 16 orang dengan persentase 70% termasuk dalam kategori baik, sedangkan pada tindakan siklus II siswa yang memperoleh nilai tuntas sebanyak 22 orang dengan persentase 96% termasuk dalam kategori baik sekali. 3) Terdapat peningkatan secara signifikan terhadap hasil belajar siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran SQ3R pada pembelajaran tematik tema Pahlawanku di kelas IVA MIS Al-Multazam Wajok Hilir. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran SQ3R en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA PAHLAWANKU DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW (SQ3R) DI KELAS IV MIS AL-MULTAZAM WAJOK HILIR TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account