Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu kesulitan guru dalam
pelaksanaan pembelajaran tematik pada kelas tinggi di Madrasah Ibtidaiyah
Miftahul Huda Parit Tengah Baru Desa Sungai Malaya Kecamatan Sungai
Ambawang Kabupaten Kubu Raya dalam kegiatan pendahuluan, inti dan
penutup.
Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya
adalah guru kelas tinggi (kelas VI, V dan VI) yang mengajar di kelas pada
tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data berupa wawancara
dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan triangulasi,
reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Hasilnya penelitian ini menunjukkan: pertama Kesulitan
pelaksanaan kegiatan pendahuluan menurut ketiga narasumber tidak
ditemukan. Mereka merasa tidak mendapatkan kesulitan mulai dari awal
salam sampai menyampaikan tujuan pembelajaran dalam kegiatan
pendahuluan. Kedua: Kesulitan guru dalam pelaksanaan kegiatan inti berupa
menerapkan 5 M yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasikan
dan mengkomunikasikan. Ketiga: Kesulitan guru dalam pelaksanaan
kegiatan penutup yaitu membuat kesimpulan, melakukan refleksi serta
memberikan penilaian karena sulit menenangkan siswa di akhir jam
pelajaran.