Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: Pertama, penggunaan media
lembar pembagian secara online untuk meningkatkan kemampuan berhitung dalam
Pembelajaran Matematika Materi Pembagian pada siswa Kelas II MIS Al-Ikhwah
Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020. Kedua, kemampuan berhitung dalam
pembelajaran Matematika Materi Pembagian secara online pada siswa kelas II MIS
Al-Ikhwah Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020. Ketiga, signifikan pengaruh
penggunaan media lembar pembagian secara online terhadap kemampuan
berhitung dalam Pembelajaran Matematika Materi Pembagian pada Siswa Kelas II
MIS Al-Ikhwah Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen. Lokasi penelitian ini
bertempatan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Ikhwah Pontianak dengan sumber
datanya adalah siswa kelas II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, teknik pengukuran, teknik studi dokumenter. Alat pengumpulan data
lembar observasi, tes dan mechanical device. Analisis data menggunakan analisis
instrumen, analisis deskriptif dan analisis regresi.
Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan: Pertama, Penggunaan
media lembar pembagian pada siswa kelas II MIS Al-Ikhwan Pontianak Tahun
Pelajaran 2019/2020 karena seluruh langkah dilaksanakan maka hal tersebut sama
artinya dengan terlaksana 100%. Namun penggunaan media tersebut dilakukan
kurang optimal hal ini dikarenakan pembelajaran dilakukan secara online. Kedua,
kemampuan berhitung pretest dari 58 orang siswa diperoleh hasil 7.55 termasuk ke
dalam kategori kurang. Postest dari 58 siswa diperoleh hasil 11.41 termasuk ke
dalam kategori kurang. Ketiga, pengaruh penggunaan media lembar pembagian
terhadap kemampuan berhitung terdapat pengaruh secara signifikan terhadap
kemampuan berhitung yang merupakan hasil belajar siswa kelas II MIS Al-Ikhwah
Pontianak, namun besar pengaruh dalam penelitian ini tidak dapat ditentukan,
karena analisis data dilakukan dengan menggunakan statistika nonparametrik.