PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LEMBAR PEMBAGIAN SECARA ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS II MIS AL-IKHWAH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Zulkarnain
dc.contributor.author NEA SUNDARI, LARA
dc.date.accessioned 2022-11-24T13:14:44Z
dc.date.available 2022-11-24T13:14:44Z
dc.date.issued 2020-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1811
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: Pertama, penggunaan media lembar pembagian secara online untuk meningkatkan kemampuan berhitung dalam Pembelajaran Matematika Materi Pembagian pada siswa Kelas II MIS Al-Ikhwah Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020. Kedua, kemampuan berhitung dalam pembelajaran Matematika Materi Pembagian secara online pada siswa kelas II MIS Al-Ikhwah Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020. Ketiga, signifikan pengaruh penggunaan media lembar pembagian secara online terhadap kemampuan berhitung dalam Pembelajaran Matematika Materi Pembagian pada Siswa Kelas II MIS Al-Ikhwah Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen. Lokasi penelitian ini bertempatan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Ikhwah Pontianak dengan sumber datanya adalah siswa kelas II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, teknik pengukuran, teknik studi dokumenter. Alat pengumpulan data lembar observasi, tes dan mechanical device. Analisis data menggunakan analisis instrumen, analisis deskriptif dan analisis regresi. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan: Pertama, Penggunaan media lembar pembagian pada siswa kelas II MIS Al-Ikhwan Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020 karena seluruh langkah dilaksanakan maka hal tersebut sama artinya dengan terlaksana 100%. Namun penggunaan media tersebut dilakukan kurang optimal hal ini dikarenakan pembelajaran dilakukan secara online. Kedua, kemampuan berhitung pretest dari 58 orang siswa diperoleh hasil 7.55 termasuk ke dalam kategori kurang. Postest dari 58 siswa diperoleh hasil 11.41 termasuk ke dalam kategori kurang. Ketiga, pengaruh penggunaan media lembar pembagian terhadap kemampuan berhitung terdapat pengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berhitung yang merupakan hasil belajar siswa kelas II MIS Al-Ikhwah Pontianak, namun besar pengaruh dalam penelitian ini tidak dapat ditentukan, karena analisis data dilakukan dengan menggunakan statistika nonparametrik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Lembar Pembagian en_US
dc.subject Kemampuan Berhitung en_US
dc.subject online en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LEMBAR PEMBAGIAN SECARA ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS II MIS AL-IKHWAH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account