Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru terhadap: 1)
perencanaan dalam pembelajaran tematik yang dilaksanakan secara daring selama
pandemi covid-19. 2) pelaksanaan dalam pembelajaran tematik yang dilaksanakan
secara daring selama pandemi covid-19. 3) Penilaian dalam pembelajaran tematik
yang dilaksanakan secara daring selama pandemi covid-19 di kelas V MIS Bawari
Pontianak.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini bertempat di MIS Bawari Pontianak
dengan sumber datanya adalah guru kelas V B. Alat pengumpulan data yang
digunakan adalah pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan adalah anlisis data Model Miles dan Huberman, reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan: 1)
persepsi guru pada pembelajaran tematik yang dilaksanakan secara daring selama
pandemi covid-19 pada tahap perencanaan guru merasa dengan adanya RPP
pembelajaran dapat terarah, akan tetapi guru merasa kesulitan jika harus
menyesuaiakan pembelajaran denagn kurikulum yang berlaku seperti
mempersiapkan model maupun strategi pembelajaran. 2) persepsi guru pada
pembelajaran tematik yang dilaksanakan secara daring selama pandemi covid-19
pada tahap pelaksanaan guru merasa kesulitan, namun dengan adanya media video
pembelajaran guru merasa lebih mudah dalam menjelaskan materi ajar,guru
kesulitan dalam mengatur ketertiban siswa dan kurangnya keaktifan siswa dalam
belajar. 3) persepsi guru pada pembelajaran tematik selama pandemi covid-19
pada tahap penilaian guru merasa kesulitan dalam pelaksanaan beberapa penilaian
seperti penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan, terdapat faktor pendukung
dan penghambat yaitu faktor pendukungnya adalah penggunaan google form
mempermudah guru dalam merekap nilai sedangkan faktor penghambat adalah
lambatnya respon beberapa siswa sehingga menghambat proses penilaian.