Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan : 1) Hasil belajar peserta didik
kelas II Sekolah Dasar Negeri 41 Pontianak pada materi satuan berat sebelum
menggunakan media videoscribe; 2) Hasil belajar peserta didik kelas II Sekolah Dasar
Negeri 41 Pontianak materi satuan berat setelah menggunakan media videoscribe; 3)
Pengaruh penggunaan media videoscribe terhadap hasil belajar peserta didik pada
materi satuan berat kelas II Sekolah Dasar Negeri 41 Pontianak
Untuk memperoleh data maka penelitian ini menggunakan metode kuantitatif
dengan jenis eksperimen. Adapun rancangan penelitian yang digunakan adalah
preeksprimental dengan bentuk one group pretest-posttest design. Pengambilan
sampel dilakukan dengan cara teknik Purposive Sampling. Pada penelitian ini
dilakukan dengan memberikan soal pretest-posttest, observasi, dan wawancara. Teknik
analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji empiris, uji normalitas, dan uji
hipotesis menggunakan spss22 dipaparkan secara sistematis dalam bentuk data
numerik yang didasarkan uji statistik pada taraf signifikan 5% atau 0,05.
Hasil olah data memaparkan sebagai berikut : 1) Hasil belajar peserta didik
sebelum menggunakan media videoscribe (pretest) memperoleh nilai rata-rata
keseluruhan 45. Hasil ini belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu
65 pada materi satuan berat kelas II Sekolah dasar Negeri 41 Pontianak, 2) Hasil
Belajar peserta didik setelah menggunakan media videoscribe (posttest) terjadi
peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 82, 3) penggunaan media videoscribe
berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dengan signifikansi
0,000 < 0,05 yang artinya H 0 ditolak dan H a diterima.
Berdasarkan data di atas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
media videoscribe terhadap hasil belajar peserta didik kelas II materi satuan berat
Sekolah Dasar Negeri 41 Pontianak dimana hasil Effect Size adalah 2,81 dengan
kategori sangat besar