PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II MATERI SATUAN BERAT SEKOLAH DASAR NEGERI 41 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rustam
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.author OKTAVIA SARI, DESI
dc.date.accessioned 2022-11-24T04:15:10Z
dc.date.available 2022-11-24T04:15:10Z
dc.date.issued 2021-11
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1801
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan : 1) Hasil belajar peserta didik kelas II Sekolah Dasar Negeri 41 Pontianak pada materi satuan berat sebelum menggunakan media videoscribe; 2) Hasil belajar peserta didik kelas II Sekolah Dasar Negeri 41 Pontianak materi satuan berat setelah menggunakan media videoscribe; 3) Pengaruh penggunaan media videoscribe terhadap hasil belajar peserta didik pada materi satuan berat kelas II Sekolah Dasar Negeri 41 Pontianak Untuk memperoleh data maka penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen. Adapun rancangan penelitian yang digunakan adalah preeksprimental dengan bentuk one group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik Purposive Sampling. Pada penelitian ini dilakukan dengan memberikan soal pretest-posttest, observasi, dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji empiris, uji normalitas, dan uji hipotesis menggunakan spss22 dipaparkan secara sistematis dalam bentuk data numerik yang didasarkan uji statistik pada taraf signifikan 5% atau 0,05. Hasil olah data memaparkan sebagai berikut : 1) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan media videoscribe (pretest) memperoleh nilai rata-rata keseluruhan 45. Hasil ini belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65 pada materi satuan berat kelas II Sekolah dasar Negeri 41 Pontianak, 2) Hasil Belajar peserta didik setelah menggunakan media videoscribe (posttest) terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 82, 3) penggunaan media videoscribe berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya H 0 ditolak dan H a diterima. Berdasarkan data di atas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media videoscribe terhadap hasil belajar peserta didik kelas II materi satuan berat Sekolah Dasar Negeri 41 Pontianak dimana hasil Effect Size adalah 2,81 dengan kategori sangat besar en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Media videoscribe en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II MATERI SATUAN BERAT SEKOLAH DASAR NEGERI 41 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account