Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: 1) minat belajar peserta
didik dalam pembelajaran IPA di kelas V MIS Nurul Islam Ngabang sebelum
menggunakan media audio visual berbasis animasi 2) minat belajar peserta didik
dalam pembelajaran IPA di kelas V MIS Nurul Islam Ngabang sesudah
menggunakan media audio visual berbasis animasi 3) pengaruh pengunaan media
audio visual berbasis animasi terhadap minat belajar peserta didik dalam
pembelajaran IPA di kelas V MIS Nurul Islam Ngabang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian
Eksperimen yang menggunakan jenis metode Pre-Exsperimental Design dan desain
penelitian berupa One-Group Pretest-Posttest. Lokasi penelitian di Madrasah
Ibtidaiyah Swasta Nurul Islam Ngabang dengan sumber data adalah peserta didik
kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik Komunikasi
Tidak Langsung, Teknik Observasi Pengamatan Langsung, dan Teknik
Dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa angket, observasi, dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan uji prasyarat.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa: 1) Minat belajar peserta didik kelas V MIS Nurul Islam Ngabang sebelum
pengunaan media audio visual berbasis animasi sebesar 31,66% dengan kriteria
kurang sekali, persentase skor terendah 20% dan persentase skor tertinggi 40%. 2)
Minat belajar peserta didik kelas V MIS Nurul Islam Ngabang sesudah penggunaan
media audio visual berbasis animasi sebesar 86,70% dengan kriteria sangat baik,
persentase skor terendah 74,4% dan persentase skor tertinggi 97,6%. 3) Terdapat
pengaruh yang signifikan pada penggunaan media audio visual berbasis animasi
terhadap minat belajar peserta didik kelas V MIS Nurul Islam Ngabang sebesar
55,04%.