PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS ANIMASI TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V MIS NURUL ISLAM NGABANG TAHUN AJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dulhadi
dc.contributor.advisor Agung Prakoso, Imam
dc.contributor.author ANJELI
dc.date.accessioned 2022-11-24T03:59:21Z
dc.date.available 2022-11-24T03:59:21Z
dc.date.issued 2022-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1800
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: 1) minat belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA di kelas V MIS Nurul Islam Ngabang sebelum menggunakan media audio visual berbasis animasi 2) minat belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA di kelas V MIS Nurul Islam Ngabang sesudah menggunakan media audio visual berbasis animasi 3) pengaruh pengunaan media audio visual berbasis animasi terhadap minat belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA di kelas V MIS Nurul Islam Ngabang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Eksperimen yang menggunakan jenis metode Pre-Exsperimental Design dan desain penelitian berupa One-Group Pretest-Posttest. Lokasi penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Islam Ngabang dengan sumber data adalah peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik Komunikasi Tidak Langsung, Teknik Observasi Pengamatan Langsung, dan Teknik Dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan uji prasyarat. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Minat belajar peserta didik kelas V MIS Nurul Islam Ngabang sebelum pengunaan media audio visual berbasis animasi sebesar 31,66% dengan kriteria kurang sekali, persentase skor terendah 20% dan persentase skor tertinggi 40%. 2) Minat belajar peserta didik kelas V MIS Nurul Islam Ngabang sesudah penggunaan media audio visual berbasis animasi sebesar 86,70% dengan kriteria sangat baik, persentase skor terendah 74,4% dan persentase skor tertinggi 97,6%. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media audio visual berbasis animasi terhadap minat belajar peserta didik kelas V MIS Nurul Islam Ngabang sebesar 55,04%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Media Audio Visual Berbasis Animasi en_US
dc.subject Minat Belajar en_US
dc.title PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS ANIMASI TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V MIS NURUL ISLAM NGABANG TAHUN AJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account