Abstract:
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tentang: (1)
aktivitas belajar peserta didik sebelum menggunakan model Talking Stick pada
tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup di kelas IV B Semester Ganjil MIS
BAWARI Pontianak Tahun Ajaran 2021/2022. (2) penerapan Model Talking Stick
pada tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup di kelas IV B Semester Ganjil MIS
BAWARI Pontianak Tahun Ajaran 2021/2022. (3) peningkatan aktivitas belajar
peserta didik setelah menggunakan Model Talking Stick pada tema 3 Peduli
Terhadap Makhluk Hidup di kelas IV B Semester Ganjil MIS BAWARI
Pontianak Tahun Ajaran 2021/2022.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
tindakan kelas dan mengambil lokasi di MIS BAWARI Pontianak kelas IV B,
sumber data penelitian ini terjadi dari guru dan peserta didik. Teknik yang
digunakan untuk mengumpulkan data yaitu teknik observasi langsung. Alat
pengumpulan data berupa lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif berupa mean dan persentase.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa:
(1) Aktivitas belajar peserta didik sebelum menggunakan model Talking Stick
pada tema 3 peduli terhadap makhluk hidup di kelas IV B MIS BAWARI
Pontianak Tahun Ajaran 2021/2022 dapat digambarkan sebagai berikut, pada
prasiklus terdapat 9 peserta didik yang mencapai kategori sedang dengan
persentase 38%, 15 peserta didik yang mencapai kategori rendah dengan
persentase 63%. Rata-rata keseluruhan dari aspek belajar peserta didik pada
prasiklus memperoleh sebesar 38% yang dikategorikan sedang. (2) Penerapan
model Talking Stick pada tema 3 peduli terhadap makhluk hidup di kelas IV B
MIS BAWARI Pontianak tahun ajaran 2021/2022 dapat dijelaskan sebagai
berikut, hasil Penerapan model Talking Stick pada siklus I berada pada rata-rata
2,9 dalam kategori sedang. Adapun hasil penerapan model Talking Stick pada
siklus II mencapai nilai rata-rata 4 atau dalam kategori sangat tinggi. (3) Aktivitas
belajar peserta didik terjadi peningkatan setelah penerapan model Talking Stick
pada tema 3 peduli terhadap makhluk hidup di kelas IV B MIS BAWARI
Pontianak Tahun Ajaran 2021/2022 dengan besaran 81% atau dalam kategori
sangat tinggi.