PENGGUNAAN MODEL TALKING STTICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP PADA PESERTA DIDIK KELAS IV B DI MADRASAH IFTIDAIYAH SWASTA BAWARI PONTIANAK TAHUN AJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dulhadi
dc.contributor.advisor Budiyono
dc.contributor.author MUSMAYANI, WINDA
dc.date.accessioned 2022-11-24T03:34:12Z
dc.date.available 2022-11-24T03:34:12Z
dc.date.issued 2022-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1798
dc.description.abstract Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tentang: (1) aktivitas belajar peserta didik sebelum menggunakan model Talking Stick pada tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup di kelas IV B Semester Ganjil MIS BAWARI Pontianak Tahun Ajaran 2021/2022. (2) penerapan Model Talking Stick pada tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup di kelas IV B Semester Ganjil MIS BAWARI Pontianak Tahun Ajaran 2021/2022. (3) peningkatan aktivitas belajar peserta didik setelah menggunakan Model Talking Stick pada tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup di kelas IV B Semester Ganjil MIS BAWARI Pontianak Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas dan mengambil lokasi di MIS BAWARI Pontianak kelas IV B, sumber data penelitian ini terjadi dari guru dan peserta didik. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu teknik observasi langsung. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif berupa mean dan persentase. Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Aktivitas belajar peserta didik sebelum menggunakan model Talking Stick pada tema 3 peduli terhadap makhluk hidup di kelas IV B MIS BAWARI Pontianak Tahun Ajaran 2021/2022 dapat digambarkan sebagai berikut, pada prasiklus terdapat 9 peserta didik yang mencapai kategori sedang dengan persentase 38%, 15 peserta didik yang mencapai kategori rendah dengan persentase 63%. Rata-rata keseluruhan dari aspek belajar peserta didik pada prasiklus memperoleh sebesar 38% yang dikategorikan sedang. (2) Penerapan model Talking Stick pada tema 3 peduli terhadap makhluk hidup di kelas IV B MIS BAWARI Pontianak tahun ajaran 2021/2022 dapat dijelaskan sebagai berikut, hasil Penerapan model Talking Stick pada siklus I berada pada rata-rata 2,9 dalam kategori sedang. Adapun hasil penerapan model Talking Stick pada siklus II mencapai nilai rata-rata 4 atau dalam kategori sangat tinggi. (3) Aktivitas belajar peserta didik terjadi peningkatan setelah penerapan model Talking Stick pada tema 3 peduli terhadap makhluk hidup di kelas IV B MIS BAWARI Pontianak Tahun Ajaran 2021/2022 dengan besaran 81% atau dalam kategori sangat tinggi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Model Talking Stick en_US
dc.subject Aktivitas Belajar en_US
dc.title PENGGUNAAN MODEL TALKING STTICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP PADA PESERTA DIDIK KELAS IV B DI MADRASAH IFTIDAIYAH SWASTA BAWARI PONTIANAK TAHUN AJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account