Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca
yang dimiliki oleh peserta didik pada peserta didik Kelas I MIS Imaduddin
Kabupaten Kubu Raya. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui
keterampilan membaca peserta didik Kelas I sebelum menggunakan Media
Gambar di MIS Imaduddin Kabupaten Kubu Raya Tahun Ajaran 2021/2022. 2)
Untuk mengetahui keterampilan membaca peserta didik Kelas I setelah
menggunakan Media Gambar di MIS Imaduddin Kabupaten Kubu Raya Tahun
Ajaran 2021/2022. 3) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca pada
peserta didik Kelas I di MIS Imaduddin Kabupaten Kubu Raya Tahun Ajaran
2021/2022.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menggunakan metode kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I MIS Imaduddin Kabupaten
Kubu Raya yang berjumlah 14 peserta didik. Untuk mendapatkan data penelitian
menggunakan lembar observasi, teknik pengukuran, dan dokumentasi.
Upaya yang dilakukan oleh peneliti dalam meningkatkan keterampilan
membaca peserta didik menggunakan media gambar pada: 1) pra siklus nilai rata-
rata peserta didik adalah 78,57 dengan persentase sebesar 57,14% yang mencapai
KKM 76, dan jika diinterpretasikan dengan tabel distribusi frekuensi, maka
keterampilan membaca peserta didik berada pada kategori cukup, 2) pada siklus I
nilai rata-rata peserta didik adalah 86,43 dengan persentase 71,43% yang
mencapai KKM 76, dan jika diinterpretasikan dengan tabel distribusi frekuensi,
maka keterampilan membaca peserta didik berada pada kategori baik. 3)
Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik adalah 97,14 dengan
persentase sebesar 100% yang mencapai KKM 76 dan jika diinterpretasikan
dengan tabel distribusi frekuensi, maka keterampilan membaca peserta didik
berada pada kategori sangat baik. Kesimpulannya adalah terjadi peningkatan hasil
belajar peserta didik sebagai akibat penggunaan Media Gambar.