Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa
kelas V. Adapun yang menjadi Tujuan penelitian ini adalah Pertama, Untuk
mengetahui perencanaan bimbingan Membaca dengan menggunakan metode Drill
peserta didik kelas V Mis Nu II Pontianak Tenggara. Kedua, Untuk mengetahui
proses pelaksanaan bimbangan belajar melalui metode Drill pada peserta didik yang
memiliki kesulitan memabaca kelas V MIS NU II Pontianak Tenggara. Ketiga,
Untuk mengetahui evaluasi dalam bimbingan belajar membaca dengan
menggunakan metode Drill V MIS NU II Pontianak Tenggara.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan metode
studi kasus. Lokasi penelitian ini bertempat di MIS NU II Pontianak
Tenggara.dengan sumber datanya adalah siswa dan guru kelas V
Alat
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur, lembar Observasi
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah anlisis data, reduksi
data, Penyajian data, penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan: Pertama, peserta
didik yang memiliki kesulitan membaca masih sangat rendah dikarenakan belum
bisa mengeja kata yang terlalu panjang. Kedua,pelaksanaan penerapan metode Drill
dalam memperbaiki kesulitan membaca peserta didik telah sesuai dengan langkah
–langkah metode Drill. Ketiga, metode Drill dapat diterapkan sebagai upayah
memperbaiki kesulitan membaca peserta didik.