Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) hasil belajar peserta didik
kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum menggunakan media pop up book
tematik berbasis keislaman dan budaya lokal Pontianak subtema rukun dalam
perbedaan; 2) hasil belajar peserta didik akhir kelas kontrol dan kelas eksperimen
setelah menggunakan media pop up book tematik berbasis keislaman dan budaya
lokal Pontianak subtema rukun dalam perbedaan; 3) pengaruh penggunaan media
pop up book tematik berbasis keislaman dan budaya lokal Pontianak subtema rukun
dalam perbedaan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian
ini seluruh kelas VI A, B, C, dan D MIN 1 Saigon Pontianak berjumlah 139 peserta
didik. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI C dan VI D MIN
1 Saigon Pontianak yang masing masing kelas berjumlah 33 peserta didik. Teknik
dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi, teknik
pengukuran dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah
lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis
datanya peneliti menggunakan data awal pre-test dan maka langkah selanjutnya
peneliti menganalisis data akhir post-test kemudian dilanjutkan dengan uji non
parametrik karena datanya tidak normal.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa: 1) Pada uji hipotesis Mann Whitney data pre-test kelas kontrol dan kelas
eksperimen hasilnya asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti tidak
terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar awal peserta didik; 2) Pada uji hipotesis
Mann Whitney data pos-test kelas kontrol dan kelas eksperimen hasilnya asymp.
Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan rata-rata hasil
belajar peserta didik; 3) Analasis uji hipotesis Mann Whitney data N-Gain kelas
kontrol dan kelas eksperimen hasilnya asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05
yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan media pop up book tematik
berbasis keislaman dan budaya lokal Pontianak subtema rukun dalam perbedaan
terhadap hasil belajar peserta didik kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Saigon
Pontianak