PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK BERBASIS KEISLAMAN DAN BUDAYA LOKAL PONTIANAK SUBTEMA RUKUN DALAM PERBEDAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 SAIGON PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Erwin
dc.contributor.advisor Zulkarnain
dc.contributor.author SULPIDA, DETIA
dc.date.accessioned 2022-11-21T11:04:29Z
dc.date.available 2022-11-21T11:04:29Z
dc.date.issued 2021-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1793
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) hasil belajar peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum menggunakan media pop up book tematik berbasis keislaman dan budaya lokal Pontianak subtema rukun dalam perbedaan; 2) hasil belajar peserta didik akhir kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah menggunakan media pop up book tematik berbasis keislaman dan budaya lokal Pontianak subtema rukun dalam perbedaan; 3) pengaruh penggunaan media pop up book tematik berbasis keislaman dan budaya lokal Pontianak subtema rukun dalam perbedaan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VI A, B, C, dan D MIN 1 Saigon Pontianak berjumlah 139 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI C dan VI D MIN 1 Saigon Pontianak yang masing masing kelas berjumlah 33 peserta didik. Teknik dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi, teknik pengukuran dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan data awal pre-test dan maka langkah selanjutnya peneliti menganalisis data akhir post-test kemudian dilanjutkan dengan uji non parametrik karena datanya tidak normal. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Pada uji hipotesis Mann Whitney data pre-test kelas kontrol dan kelas eksperimen hasilnya asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti tidak terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar awal peserta didik; 2) Pada uji hipotesis Mann Whitney data pos-test kelas kontrol dan kelas eksperimen hasilnya asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik; 3) Analasis uji hipotesis Mann Whitney data N-Gain kelas kontrol dan kelas eksperimen hasilnya asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan media pop up book tematik berbasis keislaman dan budaya lokal Pontianak subtema rukun dalam perbedaan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Saigon Pontianak en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Media Pop Up Book en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK BERBASIS KEISLAMAN DAN BUDAYA LOKAL PONTIANAK SUBTEMA RUKUN DALAM PERBEDAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 SAIGON PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account