Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perencanaan
pembelajaran tematik saat pandemi corona pada siswa kelas IV di MIS Bawari
Pontianak Tahun Ajaran 2019/2020; 2) Pelaksanaan pembelajaran tematik saat
pandemi corona pada siswa kelas IV di MIS Bawari Pontianak Tahun Ajaran
2019/2020; 3) penilaian pembelajaran tematik saat pandemi corona pada siswa
kelas IV di MIS Bawari Pontianak Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu
penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan data yang telah dikumpulkan
berupa kata-kata. Sumber data dalam penelitian ini sebanyak 7 orang yaitu Kepala
Sekolah, Guru Kelas IVB, Peserta didik sebanyak 5 orang. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data
yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah analisis data Miles dan
Huberman yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa: 1) Kegiatan perencanaan pembelajaran daring dilakukan dengan
mengadakan rapat pertemuan oleh Kepala Sekolah. Dokumen yang digunakan
seperti silabus dan RPP masih mengacu kepada Kurikulum 2013. 2) Pada kegiatan
pelaksanaan pembelajaran daring, proses belajar mengajar menggunakan aplikasi
Whatsapp dengan membuat Whatsapp grup yang berisi kontak orang tua. Selain
itu, pelaksanaan pembelajaran daring juga dilaksanakan di sekolah mulai tanggal
4 Mei 2020 sesuai protokol kesehatan. 3) Pada kegiatan penilaian pembelajaran
daring untuk tugas siswa, guru menilai menggunakan aplikasi Whatsapp. Jika
dalam bentuk ulangan harian, maka nilai akan muncul otomatis melalui aplikasi
Google Form. Sedangkan untuk nilai akhir, guru memasukkan nilai ke raport
menggunakan aplikasi Arobi. Selain itu, ranking tidak ditulis di dalam raport
karena pada saat pembelajaran daring rata-rata nilai siswa semua menjadi tinggi
karena kebanyakan tugas siswa dibantu oleh orang tua.