PEMBELAJARAN TEMATIK SAAT PANDEMI CORONA PADA SISWA KELAS IV SUBTEMA 3 PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA BAWARI PONTIANAK TAHUN AJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Edi Kurnanto, Muhammad
dc.contributor.advisor Tesi Muskania, Ricka
dc.contributor.author MAWADDA, SITTI
dc.date.accessioned 2022-11-21T10:35:40Z
dc.date.available 2022-11-21T10:35:40Z
dc.date.issued 2020-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1790
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perencanaan pembelajaran tematik saat pandemi corona pada siswa kelas IV di MIS Bawari Pontianak Tahun Ajaran 2019/2020; 2) Pelaksanaan pembelajaran tematik saat pandemi corona pada siswa kelas IV di MIS Bawari Pontianak Tahun Ajaran 2019/2020; 3) penilaian pembelajaran tematik saat pandemi corona pada siswa kelas IV di MIS Bawari Pontianak Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan data yang telah dikumpulkan berupa kata-kata. Sumber data dalam penelitian ini sebanyak 7 orang yaitu Kepala Sekolah, Guru Kelas IVB, Peserta didik sebanyak 5 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah analisis data Miles dan Huberman yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Kegiatan perencanaan pembelajaran daring dilakukan dengan mengadakan rapat pertemuan oleh Kepala Sekolah. Dokumen yang digunakan seperti silabus dan RPP masih mengacu kepada Kurikulum 2013. 2) Pada kegiatan pelaksanaan pembelajaran daring, proses belajar mengajar menggunakan aplikasi Whatsapp dengan membuat Whatsapp grup yang berisi kontak orang tua. Selain itu, pelaksanaan pembelajaran daring juga dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 4 Mei 2020 sesuai protokol kesehatan. 3) Pada kegiatan penilaian pembelajaran daring untuk tugas siswa, guru menilai menggunakan aplikasi Whatsapp. Jika dalam bentuk ulangan harian, maka nilai akan muncul otomatis melalui aplikasi Google Form. Sedangkan untuk nilai akhir, guru memasukkan nilai ke raport menggunakan aplikasi Arobi. Selain itu, ranking tidak ditulis di dalam raport karena pada saat pembelajaran daring rata-rata nilai siswa semua menjadi tinggi karena kebanyakan tugas siswa dibantu oleh orang tua. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pembelajaran Tematik en_US
dc.subject Pembelajaran Daring en_US
dc.title PEMBELAJARAN TEMATIK SAAT PANDEMI CORONA PADA SISWA KELAS IV SUBTEMA 3 PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA BAWARI PONTIANAK TAHUN AJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account