Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) penerapan metode
demonstrasi berbantuan media kosica (kotak sifat-sifat cahaya) berbasis e-
learning, (2) kemampuan kognitif peserta didik sebelum dan sesudah diajarkan
dengan metode demonstrasi berbantuan media kosica (kotak sifat-sifat cahaya)
berbasis e-learning, (3) perbedaan rata-rata kemampuan kognitif peserta didik
sebelum dan sesudah diajarkan dengan metode demonstrasi berbantuan media
kosica (kotak sifat-sifat cahaya) berbasis e-learning, dan (4) besarnya pengaruh
metode demonstrasi berbantuan media kosica (kotak sifat-sifat cahaya) berbasis e-
learning terhadap kemampuan kognitif peserta.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, eksperimen. Teknik
penentuan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik
purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu.
Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik pengukuran dan
tes kemampuan kognitif sebagai alat pengumpul datanya. Sebelum tes
kemampuan kognitif digunakan sebagai instrument, terlebih dahulu diujicobakan
dan dianalis. Hasil analisis soal menunjukkan bahwa soal tergolong valid,
reliabilitas tinggi, daya beda baik serta indeks kesukaran tergolong sedang dan
mudah. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik diskriptif
(rerata, effect size) dan inferensial (uji t dua sampel berpasangan).
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka
peneliti menyimpulkan bahwa: (1) penerapan metode demonstrasi berbantuan
media kosica (kotak sifat-sifat cahaya) berbasis e-learning tergolong sangat baik,
(2) kemampuan kognitif peserta didik sebelum dan sesudah diajarkan dengan
metode demonstrasi berbantuan media kosica (kotak sifat-sifat cahaya) berbasis e-
learning tergolong baik, (2) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan kognitif
peserta didik sebelum dan sesudah diajarkan dengan metode demonstrasi
berbantuan media kosica (kotak sifat-sifat cahaya) berbasis e-learning, dan (3)
besarnya pengaruh metode demonstrasi berbantuan media kosica (kotak sifat-sifat
cahaya) berbasis e-learning terhadap kemampuan kognitif peserta didik adalah
1,59 dan tergolong tinggi.