PENGARUH METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA KOSICA (KOTAK SIFAT-SIFAT CAHAYA) BERBASIS E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 17 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dulhadi
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.author FATIMAH, SITI
dc.date.accessioned 2022-11-21T07:58:33Z
dc.date.available 2022-11-21T07:58:33Z
dc.date.issued 2021-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1788
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) penerapan metode demonstrasi berbantuan media kosica (kotak sifat-sifat cahaya) berbasis e- learning, (2) kemampuan kognitif peserta didik sebelum dan sesudah diajarkan dengan metode demonstrasi berbantuan media kosica (kotak sifat-sifat cahaya) berbasis e-learning, (3) perbedaan rata-rata kemampuan kognitif peserta didik sebelum dan sesudah diajarkan dengan metode demonstrasi berbantuan media kosica (kotak sifat-sifat cahaya) berbasis e-learning, dan (4) besarnya pengaruh metode demonstrasi berbantuan media kosica (kotak sifat-sifat cahaya) berbasis e- learning terhadap kemampuan kognitif peserta. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, eksperimen. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik pengukuran dan tes kemampuan kognitif sebagai alat pengumpul datanya. Sebelum tes kemampuan kognitif digunakan sebagai instrument, terlebih dahulu diujicobakan dan dianalis. Hasil analisis soal menunjukkan bahwa soal tergolong valid, reliabilitas tinggi, daya beda baik serta indeks kesukaran tergolong sedang dan mudah. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik diskriptif (rerata, effect size) dan inferensial (uji t dua sampel berpasangan). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: (1) penerapan metode demonstrasi berbantuan media kosica (kotak sifat-sifat cahaya) berbasis e-learning tergolong sangat baik, (2) kemampuan kognitif peserta didik sebelum dan sesudah diajarkan dengan metode demonstrasi berbantuan media kosica (kotak sifat-sifat cahaya) berbasis e- learning tergolong baik, (2) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan kognitif peserta didik sebelum dan sesudah diajarkan dengan metode demonstrasi berbantuan media kosica (kotak sifat-sifat cahaya) berbasis e-learning, dan (3) besarnya pengaruh metode demonstrasi berbantuan media kosica (kotak sifat-sifat cahaya) berbasis e-learning terhadap kemampuan kognitif peserta didik adalah 1,59 dan tergolong tinggi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Metode Demonstrasi en_US
dc.subject E-learning en_US
dc.subject Kemampuan Kognitif en_US
dc.subject Media Kosica (Kotak Sifat-Sifat Cahaya) en_US
dc.title PENGARUH METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA KOSICA (KOTAK SIFAT-SIFAT CAHAYA) BERBASIS E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 17 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account