Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik
dengan menerapkan model pembelajaran word square pada tema makanan sehat
kelas V dengan jumlah peserta didik 9 orang. Aktivitas belajar terbagi menjadi 3
aspek yaitu; 1) aktivitas fisik, 2) aktivitas mental. 3) aktivitas emosional.
Jenis penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan pendekatan Kualitatif
dengan metode Deskriptif. Adapun teknik pengumpula data yaitu teknik observasi,
teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik
persentase.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah; 1) aktivitas fisik pada pra siklus
adalah sebesar 36,11%, setelah melakukan siklus I meningkat menjadi 63,89%, dan
pada siklus II meningkat menjadi 80,56%. 2) aktivitas mental pada pra siklus adalah
sebesar 30,55%, pada siklus I meningkat menjadi 61,11%, dan pada siklus II
meningkat menjadi 83,33%. 3) aktivitas emosional pada pra siklus adalah sebesar
27,78%, pada siklus I meningkat menjadi 58,33%, dan pada siklus II meningkat
menjadi 80,56%. 4) aktivitas belajar peserta didik pada pra siklus adalah sebesar
31,48%, pada siklus I meningkat menjadi 61,11%, dan pada siklus II meningkat
menjadi 81,48%. Dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran word square pada tema makanan sehat dapat meningkatkan aktivitas
belajar peserta didik.