Abstract:
Adapun tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) penggunaan media
audiovisual dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN 34 Pontianak Selatan (2)
keterampilan menulis teks nonfiksi kelas IV SD 34 Pontianak Selatan (3) pengaruh
penggunaan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks nonfiksi kelas IV
SDN 34 Pontianak Selatan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif bersifat quasi
eksperimental design dengan desain yaitu Post-test group design. Kemudian terdapat 2
kelas dalam penelitian ini yaitu kelas IVA dan IVB, yanag mana kelas IVA
dikelompokkan sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB dikelompokkan sebagai kelas
kontrol.
Berdasarkan
hasil
penelitian
penggunaan
media
audiovisual
terhadap
keterampilan menulis teks nonfiksi pada kelas IV SDN 34 Pontianak Selatan, dapat
dilihat dari perhitungan uji regresi untuk pengaruh penggunaan media audiovisual terlihat
bahwa f hitung 10,06 > ft abel 4,18, maka Ha diterima. Kemudian uji keberartian t hitung 3,17 >
t tabel 1,69. Hal ini bahwa persamaan regresi pada uji keberartian adalah berarti dan uji
korelasi r hitung 0,507 > r tabel 0,355 yang kemudian peneliti simpulkan bahwa terdapat
hubungan yang positif serta signifikan sebesar 0,507. Hal ini bermakna, dimana nilai rata-
rata pada angket pengaruh penggunaan media audio visual kelas eksperimen dengan
jumlah 31 peserta didik yaitu 25,75% ditentukan oleh penggunaan media yang di
tampilkan oleh peneliti dan sisanya sebesar 74,25% ditentukan oleh faktor-faktor lain.
Kemudian pada keterampilan menulis teks non fiksi peserta didik pada nilai rata-rata
kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan hasil kelas
eksperimen 80,45 sedangkan kelas kontrol 71,71, yang berarti bahwa Ha diterima artinya
terdapat pengaruh pada penggunaan media audiovisual terhadap keterampilan menulis
teks non fiksi pada peserta didik kelas IV.