PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NONFIKSI TEMA 5 PERJUANGAN PARA PAHLAWAN KELAS IV SDN 34 PONTIANAK SELATAN

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yusriadi
dc.contributor.advisor Djarot, Muchmmad
dc.contributor.author NUR ARIYANTI, SARI
dc.date.accessioned 2022-11-21T07:32:05Z
dc.date.available 2022-11-21T07:32:05Z
dc.date.issued 2022-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1785
dc.description.abstract Adapun tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN 34 Pontianak Selatan (2) keterampilan menulis teks nonfiksi kelas IV SD 34 Pontianak Selatan (3) pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks nonfiksi kelas IV SDN 34 Pontianak Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif bersifat quasi eksperimental design dengan desain yaitu Post-test group design. Kemudian terdapat 2 kelas dalam penelitian ini yaitu kelas IVA dan IVB, yanag mana kelas IVA dikelompokkan sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB dikelompokkan sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks nonfiksi pada kelas IV SDN 34 Pontianak Selatan, dapat dilihat dari perhitungan uji regresi untuk pengaruh penggunaan media audiovisual terlihat bahwa f hitung 10,06 > ft abel 4,18, maka Ha diterima. Kemudian uji keberartian t hitung 3,17 > t tabel 1,69. Hal ini bahwa persamaan regresi pada uji keberartian adalah berarti dan uji korelasi r hitung 0,507 > r tabel 0,355 yang kemudian peneliti simpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif serta signifikan sebesar 0,507. Hal ini bermakna, dimana nilai rata- rata pada angket pengaruh penggunaan media audio visual kelas eksperimen dengan jumlah 31 peserta didik yaitu 25,75% ditentukan oleh penggunaan media yang di tampilkan oleh peneliti dan sisanya sebesar 74,25% ditentukan oleh faktor-faktor lain. Kemudian pada keterampilan menulis teks non fiksi peserta didik pada nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan hasil kelas eksperimen 80,45 sedangkan kelas kontrol 71,71, yang berarti bahwa Ha diterima artinya terdapat pengaruh pada penggunaan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks non fiksi pada peserta didik kelas IV. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Media Audiovisual en_US
dc.subject Keterampilan Menulis en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NONFIKSI TEMA 5 PERJUANGAN PARA PAHLAWAN KELAS IV SDN 34 PONTIANAK SELATAN en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account