Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui proses pembelajaran
daring bagi guru dalam masa pandemi Covid-19 Kelas V Sekolah Dasar Negeri 03
Kapuas Hulu Tahun Pelajaran 2020/2021. Lebih khusus lagi adalah untuk
mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran daring, cara guru melakukan evaluasi
pembelajaran daring, serta upaya guru menanggulangi kekurangan pembelajaran
daring.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap: 1) pelaksanaan
pembelajaran daring yang dilakukan guru pada masa pandemi covid-19; 2) cara
guru melakukan evaluasi pembelajaran daring; 3) cara guru menanggulangi
kekurangan pembelajaran daring dalam masa pandemi covid-19 di kelas V Sekolah
dasar Negeri 03 Kapuas Hulu.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan
dokumentasi, hasil data yang diperoleh berupa hasil wawancara dengan guru
mengenai proses pembelajaran daring disekolah, faktor penghambat pelaksanaan
pembelajaran daring serta evaluasi pembelajaran menggunakan model
pembelajaran daring bagi guru kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Kapuas Hulu
Tahun Pelajaran 2020/2021.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan
pembelajaran daring di SDN 03 Kapuas Hulu tepatnya pada kelas V belum
terlaksana dengan baik, dalam pelaksanaan pembelajaran daring, guru hanya fokus
menggunakan aplikasi WhatsApp saja dan kurang mempersiapkan media
pembelajaran yang lebih menarik. 2) evaluasi yang diberikan guru berupa
pemberian tugas dalam bentuk soal yang ada pada buku ajar siswa dan disampaikan
melalui WhatsApp Group. 3) upaya yang dilakukan pihak sekolah selain
menggunakan model pembelajaran daring juga menggunakan model pembelajaran
luring sebagai upaya dalam memenuhi hak belajar peserta didik di masa pandemi
Covid-19 yang sampai saat ini belum selesai, selain itu itu sekolah memfasilitasi
kuota internet setiap bulannya kepada siswa. Akan tetapi pihak sekolah tidak dapat
mengontrol penggunaan kuota internet tersebut..