ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU DALAM MASA PANDEMI COVID-19 KELAS 5 SEKOLAH DASAR NEGERI 03 KAPUAS HULU TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Kartini
dc.contributor.author HARTINAH, RIZKI
dc.date.accessioned 2022-11-21T04:13:23Z
dc.date.available 2022-11-21T04:13:23Z
dc.date.issued 2022-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1783
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui proses pembelajaran daring bagi guru dalam masa pandemi Covid-19 Kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Kapuas Hulu Tahun Pelajaran 2020/2021. Lebih khusus lagi adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran daring, cara guru melakukan evaluasi pembelajaran daring, serta upaya guru menanggulangi kekurangan pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap: 1) pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan guru pada masa pandemi covid-19; 2) cara guru melakukan evaluasi pembelajaran daring; 3) cara guru menanggulangi kekurangan pembelajaran daring dalam masa pandemi covid-19 di kelas V Sekolah dasar Negeri 03 Kapuas Hulu. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, hasil data yang diperoleh berupa hasil wawancara dengan guru mengenai proses pembelajaran daring disekolah, faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran daring serta evaluasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran daring bagi guru kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Kapuas Hulu Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan pembelajaran daring di SDN 03 Kapuas Hulu tepatnya pada kelas V belum terlaksana dengan baik, dalam pelaksanaan pembelajaran daring, guru hanya fokus menggunakan aplikasi WhatsApp saja dan kurang mempersiapkan media pembelajaran yang lebih menarik. 2) evaluasi yang diberikan guru berupa pemberian tugas dalam bentuk soal yang ada pada buku ajar siswa dan disampaikan melalui WhatsApp Group. 3) upaya yang dilakukan pihak sekolah selain menggunakan model pembelajaran daring juga menggunakan model pembelajaran luring sebagai upaya dalam memenuhi hak belajar peserta didik di masa pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum selesai, selain itu itu sekolah memfasilitasi kuota internet setiap bulannya kepada siswa. Akan tetapi pihak sekolah tidak dapat mengontrol penggunaan kuota internet tersebut.. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pembelajaran Daring en_US
dc.subject Pandemi Covid-19 en_US
dc.title ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU DALAM MASA PANDEMI COVID-19 KELAS 5 SEKOLAH DASAR NEGERI 03 KAPUAS HULU TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account