Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menguji perbedaan hasil belajar
dalam pembelajaran KPK dan FPB Siswa Kelas IV SD Negeri 09 Pontianak Utara
antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan media dakon bilangan dan
siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode ekspositori. (2) Mengetahui
seberapa besar pengaruh penggunaan media dakon bilangan terhadap hasil belajar
KPK dan FPB Siswa Kelas IV 09 Pontianak Utara Tahun Pelajaran 2020/2021.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode
penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 09
Pontianak Utara yang terdiri dari kelas A dan Kelas B, kemudian dipilih du akelas
secara acak sebagai sampel. Satu kelas sebagai kelas eksperimen diterapkan
dengan menggunakan media dakon bilangan dan satu kelas lainnya sebagai kelas
control diterapkan dengan menggunakan metode ekspositori . Alat pengumpulan
data berupa soal tes untuk menguji perbedaan hasil belajar antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol digunakan uji non parametrik (U Mann Withney)
dan uji N-Gain, sedangkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
menggunakan Effect Size.
Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan: (1) Terdapat perbedaan
hasil belajar dalam pembelajaran KPK dan FPB Siswa Kelas IV SD Negeri 09
Pontianak Utara. Siswa yang diajarkan dengan menggunakan media dakon
bilangan materi kpk dan fpb pada kelas IV B (eksperimen) mempunyai nilai rata-
rata pretest 88,35, dan siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode
eskpositori nilai rata-rata pretest 53,3 kelas IV A (Kontrol). Kedua, Terdapat
pengaruh yang tergolong rendah dalam penggunaan media dakon bilangan
terhadap hasil belajar matematika materi kpk dan fpb siswa kelas IV Sekolah
Dasar Negeri 09 Pontianak Utara Tahun Pelajaran 2020/2021.