PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DAKON BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 09 PONTIANAK UTARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mutaqin, Imran
dc.contributor.advisor Rustanuarsi, Ressy
dc.contributor.author RISKI
dc.date.accessioned 2022-11-18T15:14:06Z
dc.date.available 2022-11-18T15:14:06Z
dc.date.issued 2021-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1782
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menguji perbedaan hasil belajar dalam pembelajaran KPK dan FPB Siswa Kelas IV SD Negeri 09 Pontianak Utara antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan media dakon bilangan dan siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode ekspositori. (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media dakon bilangan terhadap hasil belajar KPK dan FPB Siswa Kelas IV 09 Pontianak Utara Tahun Pelajaran 2020/2021. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 09 Pontianak Utara yang terdiri dari kelas A dan Kelas B, kemudian dipilih du akelas secara acak sebagai sampel. Satu kelas sebagai kelas eksperimen diterapkan dengan menggunakan media dakon bilangan dan satu kelas lainnya sebagai kelas control diterapkan dengan menggunakan metode ekspositori . Alat pengumpulan data berupa soal tes untuk menguji perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan uji non parametrik (U Mann Withney) dan uji N-Gain, sedangkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh menggunakan Effect Size. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar dalam pembelajaran KPK dan FPB Siswa Kelas IV SD Negeri 09 Pontianak Utara. Siswa yang diajarkan dengan menggunakan media dakon bilangan materi kpk dan fpb pada kelas IV B (eksperimen) mempunyai nilai rata- rata pretest 88,35, dan siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode eskpositori nilai rata-rata pretest 53,3 kelas IV A (Kontrol). Kedua, Terdapat pengaruh yang tergolong rendah dalam penggunaan media dakon bilangan terhadap hasil belajar matematika materi kpk dan fpb siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 09 Pontianak Utara Tahun Pelajaran 2020/2021. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Penggunaan Media Dakon Bilangan Materi KPK en_US
dc.subject FPB en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DAKON BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 09 PONTIANAK UTARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account