Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara faktual tentang: 1)
Penerapan Pembelajaran Daring (online) Tema 1 Subtema 1 Keberagaman
Budaya Bangsaku Pada Masa Pandemi Covid-19 Peserta Didik Kelas IV MI Al-
Ihsan Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) Kendala Pembelajaran Daring
(online) Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Masa Pandemi
Covid-19 Peserta didik Kelas IV MI Al-Ihsan Pontianak Tahun Pelajaran
2020/2021. 3) Cara Mengatasi Pembelajaran Daring (online) Tema 1 Subtema 1
Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Masa Pandemi Covid-19 Peserta Didik
Kelas IV MI Al-Ihsan Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021.
Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas IV. Maka penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif,
teknik dan alat pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi
yang memaparkan data tentang pembelajaran daring (online) Tema 1 Subtema 1
Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Masa Pandemi Covid-19 Peserta Didik
Kelas IV MI Al-Ihsan Pontianak Teknik pengelolaan data dan analisis data
menggunakan model deskriptif dengan tahapan-tahapan reduksi data, penyajian
data dan penerikan kesimpulan yang disajikan secara utuh tentang pembelajaran
daring (online) Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Masa
Pandemi Covid-19 Peserta Didik Kelas IV MI Al-Ihsan.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa
1) penerapan pembelajaran daring (online) Tema 1 Subtema 1 Keberagaman
Budaya Bangsaku Pada Masa Pandemi Covid-19 Peserta Didik Kelas IV MI Al-
Ihsan yaitu Tahap pelaksanaan pembelajaran masa pandemi ini, guru
melaksanakan pembelajaran sesuai RPP dan mengalihkan pembelajaran dengan
menggunakan metode ceramah saja. 2) kendala pembelajaran daring (online)
Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Masa Pandemi Covid-
19 Peserta Didik Kelas IV MI Al-Ihsan yaitu lingkungan belajar peserta didik
masing-masing dirumah yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda, baik
dari profesi orang tua peserta didik maupun dari lingkungan mereka belajar. 3)
Cara Mengatasi Pembelajaran Daring (online) Tema 1 Subtema 1 Keberagaman
Budaya Bangsaku Pada Masa Pandemi Covid-19 Peserta Didik Kelas IV MI Al-
Ihsan yaitu Orang tua diharapkan dapat bekerjasama dengan guru dalam
membimbing anak nya belajar di rumah dan meluangkan waktu untuk melakukan
pendekatan lebih kepada anak. Emosional anak pada pelaksanaan pembelajaran
daring kemungkinan besar akan berbeda dan cenderung tidak stabil.