Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar
peserta didik pada pembelajaran tematik sub tema manusia dan
lingkungan kelas V D MIN 1 Saigon Pontianak Timur. Berdasarkan data
awal pada pra siklus yang telah dilakukan maka diperoleh rata-rata
aktivitas belajar peserta didik sebesar 46,75 dari nilai maksimal 96,
dengan persentase sebesar 48,70% jika diinterpretasikan ke tabel kriteria
aktivitas belajar peserta didik termasuk pada kriteria rendah. Untuk
meningkatkan aktivitas belajar peserta didik, peneliti menggunakan
strategi pembelajaran word square dikombinasi dengan permainan dam-
daman.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Classroom Action Research
(Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penelitian ini adalah peserta didik
kelas V D MN 1 Saigon Pontianak Timur yang berjumlah 24 peserta
didik. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan lembar observasi
dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan analisis
deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) aktivitas
belajar peserta didik sebelum menggunakan strategi pembelejaran word
square dikombinasi dengan permainan dam-daman, dengan jumah peserta
didik sebanyak 24 peserta didik dengan presentase sebesar 35,41% dalam
kriteria rendah; (2) pelaksanaan strategi pembelajaran word square
dikombinasi dengan permainan dam-daman dengan langkah-langkah guru
menyampaikan materi, guru membagikan lembar kegiatan dan siswa
menjawab; (3) kemudian aktivitas belajar peserta didik pada siklus II
meningkat dengan presentase 93,75% dalam kriteria tinggi. Keberhasilan
di atas dapat membuktikan hipotesis; (4) bahwa penggunaan strategi
pembelajaran word square dikombinasi dengan permainan dam-daman
dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran
tematik kelas V D MIN 1 Saigon Pontianak Timur.