PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PERMAINAN DAM-DAMAN DIKOMBINASIKAN DENGAN STRATEGI WORD SQUARE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V (MANUSIA DAN LINGKUNGAN) DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 SAIGON TAHUN AJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mujahidah, Nelly
dc.contributor.advisor Tesi Muskania, Ricka
dc.contributor.author NABILA, RAISYA
dc.date.accessioned 2022-11-18T14:58:33Z
dc.date.available 2022-11-18T14:58:33Z
dc.date.issued 2022-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1780
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran tematik sub tema manusia dan lingkungan kelas V D MIN 1 Saigon Pontianak Timur. Berdasarkan data awal pada pra siklus yang telah dilakukan maka diperoleh rata-rata aktivitas belajar peserta didik sebesar 46,75 dari nilai maksimal 96, dengan persentase sebesar 48,70% jika diinterpretasikan ke tabel kriteria aktivitas belajar peserta didik termasuk pada kriteria rendah. Untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik, peneliti menggunakan strategi pembelajaran word square dikombinasi dengan permainan dam- daman. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V D MN 1 Saigon Pontianak Timur yang berjumlah 24 peserta didik. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) aktivitas belajar peserta didik sebelum menggunakan strategi pembelejaran word square dikombinasi dengan permainan dam-daman, dengan jumah peserta didik sebanyak 24 peserta didik dengan presentase sebesar 35,41% dalam kriteria rendah; (2) pelaksanaan strategi pembelajaran word square dikombinasi dengan permainan dam-daman dengan langkah-langkah guru menyampaikan materi, guru membagikan lembar kegiatan dan siswa menjawab; (3) kemudian aktivitas belajar peserta didik pada siklus II meningkat dengan presentase 93,75% dalam kriteria tinggi. Keberhasilan di atas dapat membuktikan hipotesis; (4) bahwa penggunaan strategi pembelajaran word square dikombinasi dengan permainan dam-daman dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran tematik kelas V D MIN 1 Saigon Pontianak Timur. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Aktivitas belajar en_US
dc.subject strategi pembelajaran word square en_US
dc.subject permainan dam-daman en_US
dc.subject Tematik Kelas V en_US
dc.title PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PERMAINAN DAM-DAMAN DIKOMBINASIKAN DENGAN STRATEGI WORD SQUARE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V (MANUSIA DAN LINGKUNGAN) DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 SAIGON TAHUN AJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account