Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas belajar peserta didik dan
guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu menggunakan
buku cetak, dalam pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1)
aktivitas peserta didik sebelum menggunakan metode diskusi berbantuan jenis
bahan ajar audio visual pada tema indahnya kebersamaan berbasis kearifan lokal;
(2) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi berbantuan
jenis bahan ajar audio visual pada tema indahnya kebersamaan berbasis kearifan
lokal; (3) aktivitas belajar peserta didik setelah menggunakan metode diskusi
berbantuan jenis bahan ajar audio visual pada tema indahnya kebersamaan
berbasis kearifan lokal; (4) ada atau tidak adanya peningkatan aktivitas belajar
peserta didik pada mata pelajaran IPS tema indahnya kebersamaan berbasis
kearifan lokal mengguanakan metode diskusi berbantuan jenis bahan ajar audio
visual.
Jenis penelitian ini yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas
(Classroom Action Recearch). Adapun subjek penelitian adalah peserta didik
kelas IV SD Negeri 1 Kuala Mandor B yang terdiri 20 peserta didik, yaitu 11 laki-
laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik observasi langsung, teknik wawancara dan teknik
dokumentasi. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar
observasi, catatan lapangan, RPP, pedoman wawancara dan dokumentasi.
Kemudian, teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif
persentase yang digunakan untuk menganalisis data berbentuk kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) aktivitas belajar
peserta didik sebelum menggunakan metode diskusi berbantuan jenis bahan ajar
audio visual diperoleh dengan pesentase 50%. (2) pelaksanaan pembelajaran
dengan menggunakan metode diskusi berbantuan jenis bahan ajar audio visual
yang telah sesuai dengan langkah-langkah penggunaan audio visual. (3) aktivitas
belajar peserta didik setelah menggunakan metode diskusi berbantuan jenis bahan
ajar audio visual memperoleh persentase pada siklus I sebesar 70% pada siklus II
sebesar 87%. (4) ada peningkatan aktivitas belajar peserta didik dengan
menggunakan metode diskusi berbantuan jenis bahan ajar audio visual sebesar
37%.