PENGGUNAAN METODE DISKUSI BERBANTUAN JENIS BAHAN AJAR AUDIO VISUAL PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS IV SD NEGERI 1 KUALA MANDOR B TAHUN AJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah
dc.contributor.advisor Asmiati, Syarifah
dc.contributor.author SRIWULAN
dc.date.accessioned 2022-11-18T14:50:39Z
dc.date.available 2022-11-18T14:50:39Z
dc.date.issued 2021-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1779
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas belajar peserta didik dan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu menggunakan buku cetak, dalam pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) aktivitas peserta didik sebelum menggunakan metode diskusi berbantuan jenis bahan ajar audio visual pada tema indahnya kebersamaan berbasis kearifan lokal; (2) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi berbantuan jenis bahan ajar audio visual pada tema indahnya kebersamaan berbasis kearifan lokal; (3) aktivitas belajar peserta didik setelah menggunakan metode diskusi berbantuan jenis bahan ajar audio visual pada tema indahnya kebersamaan berbasis kearifan lokal; (4) ada atau tidak adanya peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS tema indahnya kebersamaan berbasis kearifan lokal mengguanakan metode diskusi berbantuan jenis bahan ajar audio visual. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Recearch). Adapun subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Kuala Mandor B yang terdiri 20 peserta didik, yaitu 11 laki- laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, catatan lapangan, RPP, pedoman wawancara dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif persentase yang digunakan untuk menganalisis data berbentuk kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) aktivitas belajar peserta didik sebelum menggunakan metode diskusi berbantuan jenis bahan ajar audio visual diperoleh dengan pesentase 50%. (2) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi berbantuan jenis bahan ajar audio visual yang telah sesuai dengan langkah-langkah penggunaan audio visual. (3) aktivitas belajar peserta didik setelah menggunakan metode diskusi berbantuan jenis bahan ajar audio visual memperoleh persentase pada siklus I sebesar 70% pada siklus II sebesar 87%. (4) ada peningkatan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan metode diskusi berbantuan jenis bahan ajar audio visual sebesar 37%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Bahan Ajar Audio Visual en_US
dc.subject Kearifan Lokal en_US
dc.subject Aktivitas Belajar en_US
dc.title PENGGUNAAN METODE DISKUSI BERBANTUAN JENIS BAHAN AJAR AUDIO VISUAL PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS IV SD NEGERI 1 KUALA MANDOR B TAHUN AJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account