Abstract:
Media pembelajaran ialah alat pengantar informasi yang bisa membantu
peserta didik untuk menerima serta menangkap isi materi yang disampaikan.
Media videoscribe menjadi salah satu perantara untuk mewujudkan hasil belajar
peserta didik yang lebih baik sebab menggabungkan animasi, gambar dan suara
dalam bentuk video sehingga membantu peserta didik untuk menguasai materi
yang diberikan. Tujuan pada riset ini untuk memaparkan: (1) Hasil belajar peserta
didik sebelum menggunakan media videoscribe, (2) Hasil belajar peserta didik
setelah menggunakan media videoscribe, (3) Pengaruh media videoscribe
terhadap hasil belajar.
Riset ini menerapkan metode kuantitatif dan jenis eksperimen. Rancangan
riset yang dipergunakan ialah pre-experimental dengan bentuk one group pretest-
posttest design. Instrumen untuk mengumpulkan data yang dipergunakan
berbentuk tes pilihan ganda (kognitif), observasi, serta dokumentasi dengan proses
kerjanya melakukan uji empiris, uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan
SPSS22 dipaparkan secara sistematis dalam bentuk data numerik yang didasarkan
uji statistik pada taraf signifikan 5% ataupun 0,05.
Berlandaskan hasil analisis data, maka peneliti mengambil kesimpulan
diantaranya: (1) Hasil belajar peserta didik sebelum menerapkan media
videoscribe telah memperoleh nilai rata-rata keseluruhan 64,19 dengan kategori
cukup. Hasil ini belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 80
pada materi peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan kelas 5 SDIT
Al Madinah Pontianak, (2) Pemberian perlakuan dilakukan dengan menggunakan
pendekatan saintifik dengan langkah-langkah penggunaan media videoscribe
meliputi peserta didik mengamati media videoscribe tentang materi peristiwa
kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan, kemudian mengumpulkan informasi
dan mengindentifikasi materi yang disampaikan dalam media videoscribe, (3)
Hasil belajar peserta didik sesudah mengimplementasikan media videoscribe
terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata senilai 85,09 yang termasuk kategori
sangat baik, (4) Penerapan media videoscribe memberikan pengaruh secara
signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dengan sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05
yang artinya H 0 ditolak sedangkan H a diterima, sehingga bisa disimpulkan
bahwasanya ditemukan pengaruh media videoscribe terhadap hasil belajar materi
peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan kelas 5 SDIT Al Madinah
Pontianak.