PENGARUH MEDIA VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN KELAS 5 SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL MADINAH PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yapandi
dc.contributor.advisor Agung Prakoso, Imam
dc.contributor.author WULAN DARI, NOPI
dc.date.accessioned 2022-11-18T14:02:08Z
dc.date.available 2022-11-18T14:02:08Z
dc.date.issued 2021-11
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1775
dc.description.abstract Media pembelajaran ialah alat pengantar informasi yang bisa membantu peserta didik untuk menerima serta menangkap isi materi yang disampaikan. Media videoscribe menjadi salah satu perantara untuk mewujudkan hasil belajar peserta didik yang lebih baik sebab menggabungkan animasi, gambar dan suara dalam bentuk video sehingga membantu peserta didik untuk menguasai materi yang diberikan. Tujuan pada riset ini untuk memaparkan: (1) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan media videoscribe, (2) Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media videoscribe, (3) Pengaruh media videoscribe terhadap hasil belajar. Riset ini menerapkan metode kuantitatif dan jenis eksperimen. Rancangan riset yang dipergunakan ialah pre-experimental dengan bentuk one group pretest- posttest design. Instrumen untuk mengumpulkan data yang dipergunakan berbentuk tes pilihan ganda (kognitif), observasi, serta dokumentasi dengan proses kerjanya melakukan uji empiris, uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan SPSS22 dipaparkan secara sistematis dalam bentuk data numerik yang didasarkan uji statistik pada taraf signifikan 5% ataupun 0,05. Berlandaskan hasil analisis data, maka peneliti mengambil kesimpulan diantaranya: (1) Hasil belajar peserta didik sebelum menerapkan media videoscribe telah memperoleh nilai rata-rata keseluruhan 64,19 dengan kategori cukup. Hasil ini belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 80 pada materi peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan kelas 5 SDIT Al Madinah Pontianak, (2) Pemberian perlakuan dilakukan dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan langkah-langkah penggunaan media videoscribe meliputi peserta didik mengamati media videoscribe tentang materi peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan, kemudian mengumpulkan informasi dan mengindentifikasi materi yang disampaikan dalam media videoscribe, (3) Hasil belajar peserta didik sesudah mengimplementasikan media videoscribe terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata senilai 85,09 yang termasuk kategori sangat baik, (4) Penerapan media videoscribe memberikan pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dengan sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya H 0 ditolak sedangkan H a diterima, sehingga bisa disimpulkan bahwasanya ditemukan pengaruh media videoscribe terhadap hasil belajar materi peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan kelas 5 SDIT Al Madinah Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pengaruh Media Videoscribe en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH MEDIA VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN KELAS 5 SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL MADINAH PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account