Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya virus covid-19 yang
menyebabkan sekolah harus melakukan pembelajaran jarak jauh
sehingga menggunakan model interaktif berbasis internet satu
diantaranya adalah Media Sosial WhatsApp.oleh karena itu peneliti ingin
melihat bagiamana efektivitas pembelajaran menggunakan WhatsApp.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) penggunaan
media sosial WhatsApp pada pembelajaran tematik di Madrasah
Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Kubu Raya. (2) efektivitas pembelajaran
tematik pengaruh yang signifikan penggunaan media sosial WhatsApp
terhadap efektivitas pembelajaran tematik peserta didik di Madrasah
Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Kubu Raya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, metode
penelitian survei. Populasi yang digunakan adalah eserta didik kelas
IV,V, VI MIN 2 Kubu Raya.Teknik pengumpulan data berupa
observasi,pengukuran, wawancara.Alat pengumpulan data yang
digunakan adalah lembar observasi,lembaran angket.Analisis data
menggunakan (1)Analisis instrumen berupa validitas isi,perbutir dan
keseluruhan,reliabilitas. (2) Analisis deskriptif berupa penggunaan media
sosial WhatsApp dan efektivitas pembelajaran tematik (3)Analisis
pengaruh berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis,uji
koefisen korelasi serta uji koefisien determinasi.
Hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) Penggunaan Media
Sosial pada kelas IV diperoleh sebesar 86,8%, dan pada kelas V
diperoleh sebesar 80,4% sedangkan pada kelas VI diperoleh sebesar
83,9%, sehingga peserta didik setuju menggunakan media sosial
whatsApp pada pembelajaran tematik. (2) Efektivitas pembelajaran
tematik pada kelas IV diperoleh sebesar 84%, dan pada kelas V diperoleh
sebesar 80,1% sedangkan pada kelas VI diperoleh sebesar
83,6%,Adapun kriteria ketuntasan belajar, pembelajaran dapat dikatakan
tuntas apabila sekurang-kurangnya 75 % dari jumlah siswa telah
memperoleh nilai = 75 dalam peningkatan hasil belajar. Dari nilai
ulangan harian pada kelas IV ada sebanyak 4 orang yang tidak
tuntas,kelas V ada sebanyak 6 orang yang tidak tuntas,dan kelas VI ada
sebanyak 6 orang yang tidak tuntas. Jika mengikuti kriteria ketuntasan
belajar maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kelas IV,V,dan VI
mengalami peningkatan pembelajaran, sehingga pembelajaran tematik
efektif menggunakan media sosial whatsApp.(3) Penggunaan Media
Sosial WhatsApp pada kelas IV,V, VI diperoleh coefficiens sebesar
0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 sehingga penggunaan media
sosial WhatsApp berpengaruh signifikan terhadap efektivitas
pembelajaran tematik.