PENGARUH MEDIA SOSIAL WHATSAPP TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 2 KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zulkarnain
dc.contributor.advisor Lastasa Buju Basaf pipana, Maha
dc.contributor.author FEBRIANTI, MAYA
dc.date.accessioned 2022-11-18T13:54:22Z
dc.date.available 2022-11-18T13:54:22Z
dc.date.issued 2022-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1774
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya virus covid-19 yang menyebabkan sekolah harus melakukan pembelajaran jarak jauh sehingga menggunakan model interaktif berbasis internet satu diantaranya adalah Media Sosial WhatsApp.oleh karena itu peneliti ingin melihat bagiamana efektivitas pembelajaran menggunakan WhatsApp. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) penggunaan media sosial WhatsApp pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Kubu Raya. (2) efektivitas pembelajaran tematik pengaruh yang signifikan penggunaan media sosial WhatsApp terhadap efektivitas pembelajaran tematik peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Kubu Raya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, metode penelitian survei. Populasi yang digunakan adalah eserta didik kelas IV,V, VI MIN 2 Kubu Raya.Teknik pengumpulan data berupa observasi,pengukuran, wawancara.Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi,lembaran angket.Analisis data menggunakan (1)Analisis instrumen berupa validitas isi,perbutir dan keseluruhan,reliabilitas. (2) Analisis deskriptif berupa penggunaan media sosial WhatsApp dan efektivitas pembelajaran tematik (3)Analisis pengaruh berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis,uji koefisen korelasi serta uji koefisien determinasi. Hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) Penggunaan Media Sosial pada kelas IV diperoleh sebesar 86,8%, dan pada kelas V diperoleh sebesar 80,4% sedangkan pada kelas VI diperoleh sebesar 83,9%, sehingga peserta didik setuju menggunakan media sosial whatsApp pada pembelajaran tematik. (2) Efektivitas pembelajaran tematik pada kelas IV diperoleh sebesar 84%, dan pada kelas V diperoleh sebesar 80,1% sedangkan pada kelas VI diperoleh sebesar 83,6%,Adapun kriteria ketuntasan belajar, pembelajaran dapat dikatakan tuntas apabila sekurang-kurangnya 75 % dari jumlah siswa telah memperoleh nilai = 75 dalam peningkatan hasil belajar. Dari nilai ulangan harian pada kelas IV ada sebanyak 4 orang yang tidak tuntas,kelas V ada sebanyak 6 orang yang tidak tuntas,dan kelas VI ada sebanyak 6 orang yang tidak tuntas. Jika mengikuti kriteria ketuntasan belajar maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kelas IV,V,dan VI mengalami peningkatan pembelajaran, sehingga pembelajaran tematik efektif menggunakan media sosial whatsApp.(3) Penggunaan Media Sosial WhatsApp pada kelas IV,V, VI diperoleh coefficiens sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 sehingga penggunaan media sosial WhatsApp berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pembelajaran tematik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Media Sosial WhatsApp en_US
dc.subject Efektivitas Pembelajaran Tematik en_US
dc.title PENGARUH MEDIA SOSIAL WHATSAPP TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 2 KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account